Jokowi: 13.000 Km Jalan Kabupaten-Kota di Sumut Rusak, Provinsi 340 Km

Labura(MedanPunya) Presiden Joko Widodo menyebut sebanyak 13.000 kilometer jalan kabupaten/kota di Sumatera Utara, dalam kondisi rusak. Sementara, jalan provinsi yang rusak diperkirakan mencapai 340 kilometer dari total 3.005 kilometer.

“(Di Sumut) jalan provinsi ada 3.005 kilometer, yang rusak kira-kira 340 kilometer. Jalan kabupaten ini yang banyak jalan rusak, dari 33.000 kilometer di Sumut, yang rusak kira-kira 13.000 kilometer, salah satunya ini yang kita lihat di Labuhanbatu Utara,” kata Jokowi, Rabu (17/5).

Selain itu, Jokowi memaparkan ada sebanyak 2.600 kilometer jalan nasional di Sumut. Dari total tersebut, 260 kilometer di antaranya mengalami kerusakan.

“Yang kita lihat di Provinsi Sumut ini jalan nasional ada 2.600 kilometer, yang rusak kira-kira 260 kilometer, ini jalan nasional,” jelasnya.

Jokowi menargetkan perbaikan jalan di Sumut itu akan mulai dilakukan paling lambat Juli nanti. Perbaikan jalan itu nantinya akan dikerjakan bersama-sama mulai dari pemerintah kabupaten/kota, provinsi hingga pemerintah pusat.

“Semua yang di Sumut tetap sama, kita bagi, ada yang dikerjakan oleh Pak Gubernur, ada yang dikerjakan oleh Pak Bupati dan ada diambil alih oleh pusat yang kira-kira provinsi, kabupaten atau kota tidak memiliki kemampuan untuk mengerjakan,” ujar Jokowi.

Jokowi menjelaskan bahwa perbaikan jalan ini memerlukan waktu. Sebab, menurutnya kondisi jalan rusak di Indonesia cukup banyak, tidak hanya di Sumut.

“Segera kita perbaiki, tapi ini perlu waktu, karena kan makanya sudah tau semuanya, (jalan rusak) banyak dan tidak hanya di Sumut, di provinsi lain kurang lebih mirip- mirip,” pungkasnya.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version