Jukir Liar Minta Uang ke Ambulans Jemput Pasien di RSUP Adam Malik

Medan (MedanPunya) Sebuah video viral di media sosial menunjukkan seorang pria diduga jukir liar menagih uang parkir ke sopir ambulans yang sedang menunggu pasien di depan RSUP Adam Malik, Medan.

Ridho selaku teman dari sopir ambulans itu mengatakan, kejadian tersebut berlangsung, Rabu (15/2) sekitar pukul 21.00 WIB. Kata Ridho saat itu ambulans RSGM Lubuk Pakam sedang menunggu pasien yang mau dipindahkan.

“Jadi kami nunggu pasien menyelesaikan berkasnya. Karena mau dirujuk ke RSGM Lubuk Pakam. Nah itu, kami parkir di bagian luar RSUP Adam Malik tapi dekat ruang IGD,” kata Ridho, Kamis (16/2).

Dia menjelaskan, ambulans yang dibawa tidak diparkir di dalam RS karena menurutnya lebih efektif menunggu pasien keluar langsung dari IGD. Sewaktu mereka ingin pergi, seorang pria dengan baju kaos dan celana pendek datang meminta uang parkir.

“Ini memang orangnya sering kali udah minta uang parkir asal kami ke situ. Dan caranya maksa begitu. Dia ngakunya ormas dan semalam sampai mau ngajak berantam teman saya yang sopir,” sebutnya.

“Jadi waktu itu dia minta Rp 5.000. Ya kami enggak mau lah. Karena enggak ada tanda dia dari dinas perhubungan ataupun petugas e-parking,” sebutnya.

Alhasil pihaknya pun meninggalkan lokasi dengan tidak enak hati. Dia menyampaikan harapannya agar pihak terkait dapat menertibkan jukir luar semacam itu. Sebab, tindakan serupa juga meresahkan keluarga pasien.

Sementara, Sub Koordinator Hukum, Organisasi dan Humas RSUP HAM, Rosario Dorothy Simanjuntak , ambulans yang parkir di dalam areal rumah sakit tidak akan dikenakan biaya parkir.

“Ambulans itu kan masuk selalu ke IGD ya. Nah, di IGD tidak ada biaya parkir karena sifatnya kan drop off pasien. Sementara untuk parkiran di luar pagar RS, bukan kita yang kelola,” katanya.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version