Jumlah Penumpang Kereta Api Anjlok dari Tahun Lalu, Syarat Vaksinasi Masih Berlaku

Medan(MedanPunya) Manajer Humas PT KAI Divre I Sumut, Mahendro Trang Bawono mengungkapkan per triwulan I tahun ini, KAI Divre I SU mengangkut 385.943 pelanggan.

Angka ini menurun 29 persen jika dibandingkan tahun lalu, yakni sebanyak 504.262 pelanggan.

Meskipun demikian, jika dibandingkan jumlah pelanggan yang menggunakan jasa transportasi kereta api (KA) pada bulan Maret tahun 2022, ada peningkatan sebesar 43 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya.

“Untuk rata-rata penumpang per hari, di bulan Maret mencapai 5000 per hari,” ujarnya, Senin (4/4).

Dikatakannya, jumlah ini meningkat jika dibanding bulan Februari yang hanya 3.800 per hari.

Ia juga menyampaikan persyaratan penumpang, masih mengacu keberangkatan 9 Maret 2022 lalu, pelanggan KA Antar Kota yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua (lengkap) atau ketiga (booster) tidak diwajibkan menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen pada saat proses boarding.

Aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 25 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 8 Maret 2022.

“KAI senantiasa mengikuti dan mematuhi seluruh ketentuan dari pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 pada moda transportasi kereta api,” sebutnya.

Untuk validasi data vaksinasi pelanggan, KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi Peduli Lindungi.

Hasilnya, data vaksinasi pelanggan dapat langsung diketahui oleh KAI pada saat pemesanan tiket melalui KAI Access, web KAI, dan pada saat boarding.***trb/mpc/bs

 

 

 

 

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version