Kodam I BB Izinkan Masyarakat Istirahat hingga Titip Kenderaan di Markas TNI Jalur Mudik

Medan(MedanPunya) Kodam I Bukit Barisan menyampaikan turut serta dalam pengamanan mudik lebaran tahun 2024 bersama Polda Sumut dan pemerintah daerah.

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Mochamad Hasan mengatakan, pihaknya mempersilakan pemudik singgah, beristirahat, makan dan minum di markas TNI yang berada di jalur mudik.

Untuk menjamu pemudik yang singgah, Mayjend Hasan mengatakan pihaknya juga akan menyiapkan obat-obatan.

Masyarakat diminta tak sungkan untuk singgah dan meminta pertolongan kepada personel TNI.

“Jadi apabila masyarakat memerlukan tempat untuk beristirahat, memerlukan pengobatan, memerlukan logistik misalnya lapar di jalan pada saat sahur atau saat berbuka silakan mampir di pos-pos yang sudah kita siapkan di rute mudik,” kata Mayjen Mochamad Hasan Hasibuan, usai apel gelar pasukan operasi Ketupat Toba di Polda Sumut, Rabu (3/4).

Mayjend Hasan menyebut, sebanyak 13.000 personel TNI Angkatan Darat (AD) jajaran Kodam 1 Bukit Barisan dikerahkan untuk membantu pemudik.

Selain fasilitas di markas, mereka menyiapkan ambulance, alat berat yang ada di batalyon mengantisipasi bencana alam dan sebagainya.

Namun demikian, hal ini menunggu informasi dari Polda Sumut apabila memerlukan bantuan tambahan.

“Kemudian fasilitas-fasilitas yang kita siapkan adalah fasilitas medis, ambulance dan alat-alat berat kita yang ada di batalyon seni itu apabila nanti terjadi bencana alam seperti longsor siap untuk dikerahkan. Kita akan menunggu perintah dari koordinator Kapolda titik mana saja yang memerlukan penguatan personel dan alat untuk membantu.”

Diketahui, Polda Sumut, Kodam I Bukit Barisan dan Pemprov Sumut menggelar operasi keselamatan Ketupat Toba 2024 dimulai tanggal 4-16 April.

Operasi ini mengantisipasi gangguan keamanan, kemacetan hingga bencana alam.***trb/mpc/bs

 

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version