Mantan Rektor USU Prof Chairuddin P Lubis Meninggal Dunia

Medan(MedanPunya) Mantan Rektor USU periode 1994-2010 Prof dr H Chairuddin Panusunan Lubis DTM & H, Sp A (K) meninggal dunia pada Rabu (16/9) pukul 07.45 di RS Columbia Medan.

Atas meninggalnya Mantan Rektor USU ini, Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, beserta seluruh pimpinan dan sivitas akademika USU menyampaikan ucapan duka cita dan kehilangan mendalam.

Hal tersebut disampaikan Rektor USU kepada para wartawan tak lama setelah mendengar kabar dukacita tersebut.

“Seluruh pimpinan dan keluarga besar USU sangat kehilangan atas wafatnya Prof Chairuddin P Lubis yang karya, ide dan gagasannya, baik selama beliau menjadi dosen maupun sebagai Rektor USU sangat luar biasa didedikasikan untuk kemajuan USU,” ujar Runtung, Rabu (16/9).

Beberapa perjuangan almarhum Prof Chairuddin, terangnya, sangat berarti dan menjadi kenangan tersendiri bagi perjalanan sejarah Universitas Sumatra Utara.

“Beberapa yang di antaranya sangat monumental adalah perjuangannya untuk menjadikan USU menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (USU PT BHMN) pada tahun 2003, pertama di luar Pulau Jawa, yang sejak 2014 berubah menjadi PTN BH,” tambahnya.

Berdasarkan keterangan, Prof Chairuddin meninggal bertepatan dengan peringatan Dies Natalis ke 68 Fakultas Kedokteran USU.

Prof dr H Chairuddin Panusunan Lubis merupakan Rektor USU yang menjabat selama 3 periode, yakni dari tahun 1994-1998, 1998-2002, diperpanjang hingga 2005. Lalu periode USU PT-BHMN 2005-2010.***trb/mpc/bs

 

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version