Masuki PPKM Hari Kedua PT KAI Ketatkan Prokes, Sarankan Penumpang Beli Tiket Online

Medan(MedanPunya) Kota Medan memasuki hari kedua untuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Amatan, Jumat (14/1), kondisi stasiun tampak normal dengan penerapan protokol kesehatan mulai dari mewajibkan penggunaan masker, wajib mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Petugas keamanan juga tampak beberapa kali mengingatkan para penumpang untuk tidak menduduki kursi yang telah disilang dan menegur para penumpang yang tidak menggunakan masker.

Manager Humas PT KAI Divre 1 Sumut, Mahendro Trang Bawono mengungkapkan bahwa PT. KAI terus mendisiplinkan protokol kesehatan terlebih saat ini kota Medan memasuki masa PPKM.

“Kita mendorong masyarakat untuk tidak berkerumun di stasiun. Protokol kesehatan kita sudah lebih ketat dari institusi lain dengan telah disediakan westafel dan hand sanitizer baik di stasiun ataupun di atas kereta api. Selain itu kita selalu melakukan penyemprotan disinfektan untuk keberangkatan pertama hingga terakhir,” ungkap Mahendro, Jumat (15/1).

Lanjutnya, Mahendro sempat memiliki kekhawatiran akan ada penurunan penumpang seperti yang terjadi di daerah Jawa-Bali.

Namun begitu, ia memprediksi tidak akan terlalu signifikan dan untuk jadwal operasional masih sama seperti biasa mulai pukul 08.00-16.00 untuk pemesanan tiket secara manual

“Tentunya ada kekhawatiran penurunan penumpang. Cuma kita kembali lagi kalau PPKM ini semangatnya lebih berpengaruh di Jawa dan Bali, kalau lintas provinsi sudah tidak mungkin kalau di Sumut menggunakan kereta api. Untuk antarkota maupun kabupaten kita perketat dengan protokol kesehatan. Mungkin ada pengaruhnya tapi tidak signifikan,” ujarnya.

Tak hanya itu, Mahendro juga mengimbau kepada seluruh penumpang untuk tidak melakukan kerumunan di stasiun dengan memanfaatkan pembelian tiket secara online.

“Untuk penumpang kami sarankan untuk memanfaatkan fasilitas untuk pemesanan daring maupun online. Hindari berkumpul stasiun karena sekarang sudah bisa dilakukan di rumah karena lebih aman dan nyaman” ujarnya.

“Pembelian tiket secara online ini datanya di pusat. Namun kalau untuk secara keseluruhan terjadi ada peningkatan dibanding pembelian secara aplikasi online karena ini mengurangi jam operasional dan mendukung program PPKM dari pemerintah,” tutupnya.

Para penumpang yang ingin melakukan pemesanan tiket dapat masuk melalui https://kai.id/ dengan mengklik pemesanan tiket. Kemudian setelah itu melakukan pengisian data keberangkatan dan klik pilihan pesan.***trb/mpc/bs

 

 

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version