Medan Zona Merah Covid-19, Pemko Tiadakan Salat Idul Adha di Lapangan Merdeka

Medan(MedanPunya) Pemerintah Kota (Pemko) Medan meniadakan pelaksanaan salat Idul Adha berjemaah di Lapangan Merdeka, Medan. Hal ini dilakukan karena Medan merupakan zona merah penyebaran COVID-19.

“Karena situasi zona merah untuk Kota Medan, tidak dilaksanakan di Lapangan Merdeka,” kata Plt Kepala Bagian (Kabag) Agama Pemko Medan, Agus Maryono, Selasa (21/7).

Agus mengatakan peniadaan salat Idul Adha di Lapangan Merdeka dilakukan untuk menghindari banyaknya jemaah yang berkumpul. Agus mengatakan salat Id berjemaah di Lapangan Merdeka berpotensi mengundang warga dari berbagai kecamatan di Medan untuk hadir.

Meski demikian, Agus menjelaskan Pemko Medan mempersilakan warga menggelar salat Idul Adha di masjid lingkungan tempat tinggal masing-masing. Dia mengingatkan warga mematuhi aturan pencegahan penyebaran virus Corona saat menggelar salat Idul Adha berjemaah.

“Di lapangan atau di masjid asalkan tidak banyak jemaahnya. Karena kan jemaah itu nanti ada yang masih kecil juga,” ujarnya.

Selain itu, dia juga meminta pihak yang menggelar penyembelihan hewan kurban mematuhi aturan pencegahan penularan COVID-19. Dia mengingatkan hal tersebut perlu dilakukan agar daging kurban yang dibagikan tetap dalam kondisi higienis.

“Itu sudah ada (aturan penyembelihan hewan kurban) dari menteri agama, biar pelaksanaan tetap higienis,” jelas Agus.***dtc/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version