Mulai Diuji Coba di Medan, Bus Transmetro Deli Gratis hingga Desember 2020

Medan(MedanPunya) Bus Transmetro Deli mulai beroperasi di Medan. Salah satu koridor yang dilayani adalah Terminal Amplas menuju Lapangan Merdeka, Medan.

Penumpang bisa menaiki bus dari dalam Terminal Amplas. Bus tersedia tidak jauh dari pintu masuk Terminal Amplas.

Penumpang yang hendak masuk ke bus harus lewat pintu di bagian depan bus. Di bagian dalam dekat pintu masuk bus tersedia hand sanitizer bagi penumpang.

Ada juga mesin pembayaran secara elektronik. Penumpang yang naik harus menempelkan kartu uang elektronik mereka pada alat tersebut.

Bagian kursi penumpang dilengkapi dengan safety belt. Terlihat ada kursi-kursi yang diberi tanda silang sebagai batas antara penumpang. Ada juga kamera CCTV di dalam bus.

Di bagian tengah terlihat ada pegangan bagi penumpang bus yang berdiri. Ada juga ruang bagi penumpang yang menggunakan kursi roda. Terlihat ada tempat sampah hingga alat pemadam api ringan (APAR) yang disediakan di dalam bus.

Bus dari Terminal Amplas ini melintas di Jalan SM Raja, Medan, menuju Lapangan Merdeka. Bus akan berhenti di halte-halte yang sudah diberi tanda selama perjalanan.

Beberapa tempat yang menjadi tempat pemberhentian bus antara lain di depan loket bus ALS, depan kantor Dinas Kehutanan Provinsi Sumut, di depan Pasar Simpang Limun, di depan Universitas Budi Darma, di depan Taman Sri Deli dan di depan Rumah Tjong A Fie.

Seorang penumpang, Rudi, mengaku senang atas kehadiran bus ini. Dia juga menilai fasilitas di dalam bus termasuk nyaman untuk transportasi umum.

“Ada AC-nya juga kan. Ini juga ada hand sanitizer dan kursinya juga berjarak, jadi lebih nyaman,” kata Rudi.

Rudi juga mengaku merasa aman dengan keberadaan CCTV di dalam bus. Dia berharap tarif bus ini bisa terus stabil saat mulai beroperasi secara normal.

“Kalau ada CCTV ini kan jadi lebih aman. Harapannya, tarifnya jangan naik kalau nanti udah mulai berbayar dan armadanya juga ditambah,” jelas Rudi.

Selama proses uji coba hingga akhir Desember 2020, penumpang bus belum dikenai biaya. Penumpang baru akan dikenai biaya sejak awal Januari 2021.***dtc/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version