Palak Pedagang Pasar Petisah Rp 1 Juta, Pria Medan Ditangkap

Medan(MedanPunya) Satreskrim Polrestabes Medan mengamankan seorang pria yang sering memalak pedagang di Pasar Petisah, Kota Medan. Pria ini minta uang lapak Rp 1 juta per bulan kepada pedagang.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Teuku Fathir Mustafa mengatakan tersangka bernama Roy (33).

“Tersangka ini melakukan tindakan pemerasan atau pungutan liar terhadap para pedagang di Pasar Petisah,” kata Fathir, Selasa (22/11).

Dikatakan, pihaknya masih mendalami keterkaitan aksi pelaku dengan organisasi masyarakat tertentu. Selain itu juga yang didapatinya juga masih ditelusuri digunakan untuk apa.

Dia menjelaskan aksi pelaku sudah berlangsung cukup lama. Informasi itu pun didapat dari masyarakat yang resah di sekitar lokasi.

“Tersangka meminta yang Rp 1 juta setiap bulan untuk membayar lapak jualan. Korban adalah pedagang kaki lima yang menjual pakaian,” sebutnya.

Fathir mengungkapkan di lokasi banyak pedagang yang menjadi korban. Akan tetapi memiliki rasa takut ketika ingin membuat laporan.

Demikian, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak takut untuk melaporkan tindak pidana yang meresahkan.

Sebab, ia berjanji akan hadir untuk memberikan rasa aman. Mantan Kapolsek Medan Baru ini turut mengucapkan terimakasih pada masyarakat yang telah membuat laporan.

“Kami berharap kejadian seperti ini tidak terjadi lagi. Bagi pelaku di luar sana yang masih melakukan praktik serupa, agar dapat segera menghentikan kegiatan tersebut,” ucap Fathir.

Tersangka dikenakan pasal tindakan pemerasan Pasal 368 KUHP, dengan ancaman pidana sembilan tahun.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version