Pemkot Medan Berniat Kelola Istana Maimun, Kesultan Deli Tak Mau

Medan(MedanPunya) Pemerintah Kota Medan berniat untuk mengelola Istana Maimun agar bangunan cagar budaya itu lebih optimal. Sayangnya pihak Sultan Deli yang mengelola Istan Maimun Medan enggan melepas.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Medan, Laksamana Putra Siregar, awalnya menjelaskan bahwa Istana Maimun masih dikelola Kesultanan Deli.

“Jadi untuk Istana Maimun itu memang sepenuhnya menjadi tanggungjawab dari pengelolaannya dan lain sebagainya itu kan tanggungjawab dari pemangku kepentingan di Istana Maimun, dalam hal ini kesultanan,” ujarnya, Jumat (3/3).

Kondisi Istana Maimun yang dinilai mirip pasar tersebut kata Putra, sudah berlangsung lama. Maka dari itu pihaknya mengajukan diri agar diberikan kewenangan mengelola Istana Maimun, namun hingga saat ini pihak Kesultanan Deli enggan menyerahkan hak kepengelolannya.

“Untuk itu langkah-langkah itu sudah berulang kali kita lakukan dan malah informasinya beberapa waktu yang lalu sudah pernah juga disampaikan ke pemerintah pusat untuk pengelolaannya, namun sekali lagi kepada kebesaran hati dan keikhlasan hati daripada pihak Istana Maimun untuk bisa menyerahkannya,” sebutnya.

Jika diberi kesempatan untuk mengelola, dia berjanji akan menjadikan Istana Maimun sebagai pusat kesejarahan dan sekaligus meningkatkan ekonomi penghuni Istana Maimun.

“Paling tidak kita diberi kesempatan lah untuk membantu dan mendorong optimalisasi Istana Maimun, bukan hanya sebagai cagar budaya tapi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lokal atau penghuni Istana Maimun dan bisa juga kita jadikan sebagai pusat budaya seperti yang saya bilang tadi etalase Kota Medan dan tentu pusat kesejarahan Kota Medan,” tutupnya.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version