Pemkot Medan soal Istana Maimun Mirip Pasar: Sudah Lama Itu

Medan(MedanPunya) Suasan di Istana Maimun yang merupakan cagar budaya yang menyimpan banyak sejarah Kota Medan dinilai pengunjung mirip seperti pasar. Pemkot Medan menilai itu sudah lama terjadi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan, Laksamana Putra Siregar menjelaskan sampai hari ini Istana Maimun masih dikelola pihak Kesultanan Deli. Meskipun bangunan itu telah dijadikan cagar budaya.

“Jadi untuk Istana Maimun itu memang sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari pengelolaannya dan lain sebagainya itu kan tanggung jawab dari pemangku kepentingan di Istana Maimun, dalam hal ini kesultanan,” kata Putra, Jumat (3/3).

Kondisi Istana Maimun yang dinilai mirip pasar tersebut kata Putra, sudah berlangsung lama. Pemkot Medan hanya bisa mendorong agar Istana Maimun dapat dikelola dengan baik sebagai salah satu etalase budaya di Kota Medan.

“Soal Istana Maimun (mirip pasar) ini kan, kondisi itu kan memang sudah lama terjadi, dan tentunya kita hanya bersifat menunggu dan mendorong agar Istana Maimun sebagai salah satu ikon yang menjadi etalase budaya di Kota Medan itu bisa dikelola, kemudian bisa dioptimalisasi untuk berbagai hal misalnya seperti ekonomi, sosial, budaya dan edukasi,” ujarnya.

Sebelumnya, pengunjung merasa suasana di Istana Maimun lebih mirip pasar. Karena banyaknya jualan yang terdapat di dalam istana peninggalan Kesultanan Deli tersebut.

“Ini (yang jualan) sebenarnya mengganggu itu jadi nggak nampak, udah kayak berada di dalam apa kita ini, dalam pajak sentral,” kata Yeni.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version