Pengelola Medan Zoo Tarik Bayaran untuk Pengunjung yang Melakukan Foto Selfie

Medan(MedanPunya) Belakangan terdengar kabar destinasi wisata Medan Zoo mengutip bayaran untuk berfoto di areal Kebun Binatang.

Beberapa pengunjung Medan Zoo mengeluh lantaran dikutip biaya untuk hanya sekadar berswafoto di objek wisata tersebut.

Pihak pengelola Medan Zoo membenarkan adanya lokasi selfie yang berbayar di kawasan Medan Zoo.

Namun itu hanya di beberapa lokasi khusus yang bekerjasama dengan pihak ketiga. Sementara di luar lokasi tersebut pengunjung bebas berswafoto tanpa dipungut biaya.

“Itu kita bekerjasama dengan pihak ketiga. Mereka membuat spot foto seperti ada yang berbentuk apel, dan objek foto lainnya dan itu dikutip biaya. Tapi hanya di lokasi itu saja, kalau di luar tidak,” ujar Kepala Bagian Tata Usaha Medan Zoo, Rinaldi, Senin (11/1).

Rinaldi menegaskan, bagi pengunjung yang berswafoto di kandang tempat koleksi hewan, ataupun di berbagai lokasi lainnya selain spot foto yang dibuat pelaku usaha tersebut tidak ada pemungutan biaya.

“Kalau di kandang tidak ada, hanya khusus di lokasi tempat mereka buat spot foto itu saja,” ucapnya.

Ia mengaku kerjasama dengan pihak ketiga tersebut sudah ada sekitar tiga tahun yang lalu yakni pada 2018.

“Sudah lama itu sekitar tahun 2018 kalau tidak salah. Supaya pengunjung lebih tertarik jadi ditawarkan lah tempat berfoto itu,” katanya.

Rinaldi menyebut, biaya yang dipatok pihak ketiga untuk berselfie di lokasi tersebut adalah Rp 5.000.

Sebelum pandemi Covid-19, Rinaldi mengatakan sempat banyak peminat yang mau datang dan berselfie. Namun karena pandemi jumlah pengunjung menurun drastis begitu pun jumlah peminat foto selfie.

“Kemarin sempat ramai sebelum Covid-19 itu. Karena mereka berminat juga untuk berfoto di sana. Tapi semenjak pandemi ini berkurang drastis,” ungkapnya.

Diketahui pada libur akhir tahun, pengunjung Medan Zoo berkisar sebanyak lima ribu pengunjung.

Jumlah ini menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya yang biasanya pengunjung Medan Zoo mencapai 18.000 pengunjung.***trb/mpc/bs

 

 

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version