Penjelasan Kepala Bappeda Medan soal Keberadaan Tugu Titik Nol, Pasti Bakal Direvitalisasi

Medan(MedanPunya) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Medan Benny Iskandar mengungkap alasan penghancuran Tugu Titik Nol yang berada di depan Kantor Pos Jalan Balaikota Medan.

Menurut Benny, Tugu Titik Nol yang dihancurkan tersebut tidak sesuai dengan bentuk aslinya ketika pertama kali dibangun pada jaman kolonial Belanda.

Selain juga, tugu yang dihancurkan Pemko Medan tersebut dinilai selama ini keberadaannya menutupi cagar budaya yakni Gedung Kantor Pos Medan.

“Bangunan yang ada kemarin itu tidak sesuai dan menutupi bangunan cagar budaya Kantor Pos,” terang Benny, Selasa (16/8).

Sehingga, Pemko Medan akan melakukan penataan ulang terhadap Tugu Titik Nol.

“Makanya kita lakukan revitalisasi juga jadi bahasanya bukan penghancuran ya, tapi revitalisasi dan ini masih masuk dalam revitalisasi Lapangan Merdeka,” jelasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Medan, Bobby Nasution menyatakan bahwa Tugu Titik Nol yang dihancurkan Pemko Medan akan dibangun ulang.

“Nantinya akan di bangun tugu lagi akan tetapi dengan versi yang lebih kecil sesuai dengan tugu di masa jaman kolonial belanda,” jelasnya.

Bobby Nasution juga menegaskan bahwa ukuran tugu yang dihancurkan tidak sesuai dengan bangunan lama.

“Belum lagi itu ada tulisan Bank Sumut, emang umur bank itu lebih tua dari Kota Medan?” tanya Bobby.

Untuk itu, kata Bobby, Pemko akan merevitalisasi Tugu Titik Nol Kota Medan.

“Jadi bukan dijadikan jalan atau di aspal ya, tapi akan di bangun ulang sesuai dengan bentuk tugu yang semula yang lebih kecil,” jelasnya.

Untuk diketahui Pemko Medan pembongkaran Tugu Titik Nol di Jalan Balai Kota Medan dilakukan sejak Sabtu (13/8).

Dan pada Senin (15/8) para pekerja terlihat sedang melakukan pemerataan tanah di lokasi tersebut.

Sebelum akhirnya dibongkar, Tugu Titik Nol tersebut sempat dipugar pada era kepemimpinan Wali Kota Medan Abdillah.***trb/mpc/bs

 

 

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version