Penyekatan Mudik di Sumut, 265 Kenderaan Diputar Balik

Medan(MedanPunya) Polda Sumatera Utara (Sumut) menggelar Operasi Ketupat Toba saat larangan mudik menjelang Lebaran tahun 2021. Ada 265 kendaraan yang diputar balik saat hari pertama operasi.

“Hari pertama Operasi Ketupat Toba tahun 2021 ini, kita dari Polda Sumut dan jajaran telah memutar balik kendaraan yang hendak melewati pos penyekatan guna melakukan mudik Lebaran,” kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi, Jumat (7/5).

“Adapun jumlah kendaraan yang diputar balik ialah roda 2 sebanyak 74 kendaraan. Roda 4 sebanyak 191 kendaraan, terdiri dari mobil penumpang 134 unit, bus 54 unit, dan mobil barang 3 unit,” tambahnya.

Selain memutar balik kendaraan, Hadi mengatakan pihaknya juga memeriksa penerapan protokol kesehatan. Ada 555 buah masker yang diberikan polisi kepada warga selama operasi pada hari pertama.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak melaksanakan mudik Lebaran mengingat saat ini pandemi COVID-19 masih sangat tinggi,” tutur Hadi.

Hadi mengatakan pihaknya juga memberikan teguran kepada warga yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan. Selain itu, ada warga yang menjalani rapid test antigen di pos-pos penyekatan yang ada.

“Personel yang bertugas di pos penyekatan juga melakukan pemeriksaan antigen dan sebanyak 108 orang dinyatakan negatif COVID-19,” jelas Hadi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Polda Sumut mendirikan 73 pos penyekatan untuk menghalangi warga melakukan mudik. Penyekatan itu dilakukan di jalur perjalanan darat, laut, dan udara yang ada di Sumut.

“Ada 73 lokasi penyekatan di wilayah Sumut. Di antara 73 itu, di dalamnya ada 13 pelabuhan, bandara, stasiun, kemudian ada 9 titik penyekatan antarprovinsi. Perbatasan dengan Riau, Sumbar, Aceh, itu ada 9 titik,” kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi, Selasa (4/5).***dtc/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version