RS Adam Malik Tak Akan Lakukan Pemisahan Bayi Kembar Siam Adam dan Malika

Medan(MedanPunya) Bayi kembar siam terlahir dengan kondisi tubuh bagian perut hingga kaki menyatu di Jalan Kambes Desa Cinta Dame Kecamatan Percut Seituan Kabupaten Deliserdang, Selasa (14/12).

Bayi yang berusia 1 bulan 11 hari itu lahir dari pasangan Devi Patmitah dan Ali Ahmad Pandiangan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik diberi nama Adam dan Malika.

Setelah lahir, kedua bayi tersebut menjalani perawatan medis selama satu bulan untuk dilakukan pemantauan di RSUP H Adam Malik.

Setelah menjalani waktu pemantauan selama 1 bulan, bayi mungil tersebut baru bisa pulang kerumahnya.

Humas RSUP H Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak mengatakan bayi tersebut lahir dalam kondisi sehat.

“Ibu berinisial DP asal Deli Serdang tersebut menjalani operasi caesar sejak pukul 10.15 WIB, dan berlangsung sekitar 25 menit dengan bantuan tim dokter. Bayinya lahir dalam kondisi kembar siam, di mana terdapat perlengketan pada bagian perut hingga ke kaki,” ujarnya, Rabu (15/12).

Rosario mengatakan kedua bayi tersebut lahir dengan berat badan 3,9 kg, di mana bayi satu memiliki panjang 37 cm dan bayi dua 42 cm.

“Keduanya sempat dirawat di Ruang NICU (Neonatal Intensive Care Unit) Gedung Paviliun RSUP HAM dengan bantuan terapi oksigen nasal kanul. Kondisi umum keduanya stabil dengan tanda vital yang bagus,” jelasnya.

Rosario juga mengungkapkan bayi tersebut memiliki 2 jantung, dan hanya memiliki 1 kolon (usus besar).

“Dari hasil pemeriksaan jantungnya normal, kakinya hanya 2 dan kolonnya 1,” ungkapnya.

Pihak rumah sakit tidak akan melakukan pemisahan tubuh, disebabkan hanya memiliki 2 kaki saja.

“Kakinya hanya 2. Siapa yang mau dipilih kolonnya pun hanya 1,” tegasnya.***trb/mpc/bs

 

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version