Sampai Awal Juni, Kebakaran Jadi Bencana Tertinggi di Medan

Medan(MedanPunya) Kebakaran menjadi penyumbang bencana paling banyak di Kota Medan. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Medan tercatat sebanyak 58 peristiwa kebakaran sampai hari ini.

Kepala BPBD Kota Medan Muhammad Husni mengatakan, data tersebut hasil rekapitulasi sejak Januari sampai Mei 2022. Sedangkan angin puting beliung (APB) posisi kedua sebanyak 14 kali.

“Angin puting beliung 14 kali, yang terakhir itu di daerah Sunggal yang awal Juni semalam,” kata Husni, Kamis (9/6).

Sedangkan banjir dan banjir rob juga terjadi sebanyak 14 kali. Dalam penanganannya, BPBD biasanya kata Husni akan melakukan pertolongan tanggap bencana. Selain itu, pihaknya juga menyediakan makanan tanggap untuk di awal.

“Biasanya kita akan menyediakan makanan tanggap untuk korban bencana, setelah itu kita akan koordinasi dengan dinas sosial untuk dapur umumnya (banjir),” sebutnya.

Untuk bencana lain, tanah longsor juga tercatat pernah terjadi di Kota Medan. Tepatnya di Kelurahan Simalingkar, pada 20 April 2022.

Berikut jumlah dan jenis bencana yang terjadi di Kota Medan, berdasarkan data dari BPDB Kota Medan sepanjang tahun 2022.

Januari

Kebakaran : 13
APB : 0
Banjir : 1
Banjir Rob : 0
Tanah Longsor: 0

Februari

Kebakaran : 9
APB : 4
Banjir : 1
Banjir Rob : 0
Tanah Longsor: 0

Maret

Kebakaran : 14
APB : 2
Banjir : 2
Banjir Rob : 2
Tanah Longsor: 0

April

Kebakaran : 12
APB :
Banjir : 5
Banjir Rob : 2
Tanah Longsor : 1

Mei

Kebakaran : 10
APB : 7
Banjir : 0
Banjir Rob : 0
Tanah Longsor: 0

***dtc/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version