Satgas Sumut Bakal Ambil Alih Penanganan Virus Corona di Mebidang

Medan(MedanPunya) Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Sumatera Utara (Sumut) akan mengambil alih penanganan penyebaran virus Corona di Kota Medan, Binjai dan Deli Serdang (Mebidang). Nantinya Satgas Sumut akan membantu penanganan COVID-19 di tiga daerah ini.

“Ke depan yang sudah ditangani ada tiga klaster, tiga zona, Binjai-Medan, Medan-Deli Serdang, itulah Mebidang (Medan, Binjai, Deli Serdang). Ini klaster-klaster yang kita siapkan untuk mencegah tren yang sekarang sedang meningkat. Kita ambil alih oleh Gugas (Gugus Tugas) provinsi,” kata Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, di rumah dinasnya, Selasa (4/8).

Hal ini disampaikan Edy usai memimpin rapat evaluasi penerapan tatanan baru produktif dan aman COVID-19 di Kota Medan, Binjai dan Deli Serdang. Edy mengatakan Satgas Sumut akan bekerja sama dengan pimpinan di tiga daerah itu untuk menangani virus Corona.

“Jadi tugasnya Wali Kota Medan, Wali Kota Binjai, Kabupaten Deli Serdang, kita ikut di dalam, di situ, bersama kabupaten dan kota untuk mengatasi,” ujarnya.

Langkah yang akan diambil ini, kata Edy, boleh dilakukan Satgas Provinsi. Hal itu karena ada tiga daerah yang akan diambil alih.

Edy menjelaskan keikutsertaan Satgas Sumut menangani virus Corona di tiga daerah ini akan diikuti dengan adanya alokasi anggaran. Tiga daerah ini akan menjadi prioritas penanganan penyebaran virus Corona.

“Nggak ikut pun konsekuensinya anggaran ke situ. Ini lebih kita prioritaskan di dua kota satu kabupaten,” ucapnya.

Edy mengatakan pihaknya akan memastikan pasien Corona dengan gejala ringan dan sedang di tiga daerah itu diisolasi. Dia mengatakan akan membentuk tim pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

“Melakukan kepastian, isolasi kepada ringan dan sedang ditempat penyekatan-penyekatan yang saya sampaikan tadi. Yang kedua dibentuknya tim pendisiplinan masyarakat agar patuh dengan protokol kesehatan,” paparnya.***dtc/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version