Soal Pembangunan Rusunami Bagi Warga Bantaran Sungai, Bobby Minta PT WKR Lakukan Ini

Medan(MedanPunya) Wali Kota Medan, Bobby Nasution berharap PT Waskita Karya Realty (WKR) dapat membantu Pemko Medan dalam pembangunan rumah susun sederhana milik (Rusunami) untuk relokasi warga di bantaran sungai.

Dikatakan Bobby, Pemko Medan saat ini tengah berencana mengembangkan Rusunami di Kota Medan, terutama yang peruntukannya bagi masyarakat kurang mampu.

Oleh karenanya, imbuhnya, jika nantinya terbangun kolaborasi dengan PT WKR, maka diharapkan perencanaannya berjalan lebih baik.

“Kalau keinginan kami (Pemko Medan) untuk menghadirkan Rusunami bisa didukung, maka dinilai lebih baik. Ada beberapa lokasi yang mungkin bisa didiskusikan lebih lanjut dengan OPD terkait,” ujar Bobby saat kunjungan PT WKR ke Balai Kota Medan, Rabu (26/1).

Ia berharap nantinya pembangunan rusunami dapat memaksimalkan aset yang dimiliki Pemko Medan.

“Tentunya, kita berharap aset Pemko Medan pemanfaatannya bisa lebih optimal, terutama yang berkaitan dengan masyarakat,” katanya.

Bobby menuturkan, relokasi bagi warga bantaran sungai akan dimulai dari Sungai Bedera. Menurutnya, saat ini pihaknya masih melakukan tahap penetapan lokasi mana saja yang akan direlokasi.

“Kalau untuk tahap awal ini yang di Sungai Bedera, kita akan melakukan penetapan lokasinya dulu setelah itu kita appraisal, mana rumah-rumahnya masyarakat yang harus direlokasi,” ucapnya.

Bobby menuturkan, untuk normalisasi sungai, pihaknya memfokuskan pada tiga Sungai yang melintasi Kota Medan yakni Sungai Deli, Sungai Bedera dan Sungai Babura.

Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ini mengatakan terkait dana relokasi dan pembangunan Rusunami nantinya, pihaknya berharap adanya kerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) baik untuk warga bantaran sungai, maupun warga di pinggir rel kereta api.

“Dananya untuk relokasi ini bukan hanya yang pinggiran sungai, soalnya kita bicara relokasi ini harus semuanya. Sekarang ada projeknya itu yang di pinggir rel misalnya ini masyarakat banyak juga, walaupun secara legalitas masyarakat tidak punya surat-surat,”

“Namun tetap kita fasilitasi nanti ini juga kerjasama antara Pemerintah Kota Medan dengan BUMN untuk kita bangunkan Rumah Susun atau Rusunami,” pungkasnya.

Sementara itu, Project Director PT WKR Rishan Kurnia mengungkapkan, pihaknya ingin membangun kerjasama dengan Pemko Medan terkait pengembangan kota.

Namun sebelum pengembangan itu dilaksanakan, jelas Rishan, PT WKR terlebih dahulu akan melakukan kajian terkait finansial, bisnis dan marketnya.

“Kedatangan kami ke sini untuk membangun komunikasi sekaligus kemungkinan terjalinnya kerjasama dengan Pemko Medan dalam pengembangan kota. Di samping itu kami juga minta izin bersama OPD terkait untuk melihat area atau lokasi-lokasi yang ada. Mudah-mudahan usai pertemuan ini, kita bisa saling bekerjasama,” ujar Rishan.***trb/mpc/bs

 

 

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version