Soal Pungli, Ombudsman Minta Bobby Nasution Datangi SDN Percontohan di Belakang Kantor Golkar

Medan(MedanPunya) Ombudsman RI Perwakilan Sumut sempat menerima informasi adanya pungutan liar (pungli) di SD Negeri Percontohan Jalan KH Wahid Hasyim, Medan, persisnya di belakang kantor Golkar.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar lantas meminta Wali Kota Medan, Bobby Nasution datang ke sekolah dimaksud.

Tujuannya, agar kasus pungli di sekolah itu bisa dibongkar.

“Saya lihat belakangan ini sidak sudah sering dilakukan. Ini strategi yang harus dilakukan sejak awal,” kata Abyadi, Jumat (18/2).

Abyadi mengatakan, soal pungli di beberapa sekolah, memang tidak dapat dipungkiri.

Namun, kata dia, instansi lain potensi pungli juga masih ada.

Bahkan, lanjut Abyadi, seperti di SD Negeri Percontohan itu, kasus pungli perlu dibongkar.

“Kami pernah dapat laporan dari situ, cuma agak sulit untuk membuktikannya. Perlu pak Bobby ini jalan ke situ juga dan sekolah lain untuk tingkat SD dan SMP. Karena pungli sudah cukup meresahkan dan masif terjadi,” tutur Abyadi.

Dia mengatakan, selama ini pungli di lembaga pendidikan, khususnya di sekolah sulit diungkap karena para orang tua tidak berani melapor.

Orang tua khawatir sang anak akan kena imbasnya.

“Orang tua enggak berani melawan, karena anaknya ada di situ. Ombudsman akan support dan siap bantu pak Bobby. Saya setuju dengan langkah ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Abyadi juga turut menyarankan masyarakat yang mengalami masalah pungli atau penyalahgunaan layanan publik dapat langsung mengadu ke Ombudsman.

“Masyarakat silahkan melapor ke ombudsman jika alami tindakan pungli atau masalah lainnya. Bukan hanya pendidikan tapi juga sektor lain,” pungkasnya.***trb/mpc/bs

 

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version