SPBU Salah Isi BBM, Pertamina Sanksi Setop Pasokan Pertalite 1 Bulan

Medan(MedanPunya) Pihak Pertamina Patra Niaga Sumbagut memberikan sanksi kepada SPBU di Deli Serdang yang salah mengisi bahan bakar minyak (BBM) ke warga dari pertalite menjadi solar. Sanksi tersebut berupa penghentian pasokan pertalite selama satu bulan.

“Sanksinya, pertama, penghentian pasokan pertalite selama satu bulan,” kata Area Manager Communication Relation & CSR Pertamina Sumbagut Susanto August Satria, Selasa (27/2).

“Kedua, pihak SPBU harus memperbaiki kinerjanya dan tidak boleh mengulangi kejadian tersebut. Apabila masih terjadi, maka akan diberikan sanksi lebih berat,” tambahnya.

Susanto menyampaikan sanksi lebih berat yang dimaksud bisa sampai ke tahap Pemutusan Hubungan Usaha (PHU). Di samping itu, pihaknya juga mengintruksikan agar SPBU bertanggungjawab atas kerugian customer.

“Terkait sanksi terhadap pekerja itu kewenangan SPBU. Kita juga sudah mengintruksikan agar SPBU bertanggungjawab terhadap konsumen yang sudah mengisi dan terdapat komplain itu,” ujarnya,

Sebelumnya diberitakan, sejumlah kendaraan mogok usai pegawai SPBU 14203180 di Jalan Pertahanan, Kecamatan Patumbak, Deli Serdang, salah mengisi BBM. Kendaraan yang harusnya diisi dengan pertalite malah diisi dengan solar.

Momen kendaraan mogok ini divideokan oleh salah seorang korban dan disebarkan ke media sosial. Dalam video yang dilihat, Senin (26/2), perekam yang merupakan seorang wanita masih berada di SPBU itu.

“Sial kali nasibku, pagi-pagi isi minyak kena minyak palsu, habis semua, itu ha, korban semua itu, di pom bensin amplas, eh Patumbak. Inilah korban semua, habis ngisi langsung mogok, termasuklah kereta (sepeda motor) ku,” ujar wanita tersebut.

Seorang korban bernama Hendri menyebut dia mengisi minyak di SPBU itu sekitar pukul 07.30 WIB, tadi. Setelah 100 meter meninggalkan SPBU itu, sepeda motor miliknya langsung mati.

“Awalnya mau ngisi pertalite, habis ngisi hidup, cuman kira-kira 100 meter lebih kurang, mati,” kata Hendri saat ditemui di lokasi.

Kemudian, Hendri pun membawa sepeda motornya itu ke salah satu bengkel. Belakangan, baru dirinya mengetahui bahwa sepeda motor miliknya mogok karena salah isi ke solar.

“Sampai sekarang nggak hidup, inilah dikerjai sama mekanik, baru bisa hidup. Ternyata salah isi minyak, harusnya pertalite yang masuk (diisi) solar,” ujarnya.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version