Terima 89 Vial Vaksin, 38 Tenaga Kesehatan Disuntik Vaksin di Puskesmas PB Selayang II

Medan(MedanPunya) Sebanyak 38 tenaga kesehatan sudah disuntik vaksin Covid-19 di Puskesmas Padang Bulan (PB) Selayang II, Kelurahan Selayang, Kecamatan Medan Selayang hingga Senin (25/1).

Vaksinator Puskesmas PB Selayang II, Novita Sirait mengatakan Puskesmas PB Selayang II menerima sebanyak 89 vial vaksin.

“Puskesmas PB Selayang II menerima sebanyak 89 vial vaksin. Kemarin 34 orang yang sudah menerima vaksin, ditambah hari ini sudah divaksin empat orang, jadi totalnya 38 orang,” ujarnya, Senin (25/1).

Novita menuturkan bahwa yang divaksinasi di Puskesmas PB Selayang II tidak hanya tenaga kesehatan yang bekerja di PB Selayang II, namun juga dari fasilitas kesehatan yang lain.

“Jadi vaksinasi itu kan dia menggunakan e-ticket ya, jadi tidak harus dia divaksin di tempat tenaga kesehatan itu bekerja. Yang vaksin di sini ada yang dari klinik, dari Rumah Sakit, dan fasilitas kesehatan lainnya,” tambahnya.

Mengenai mekanisme vaksinasi, Novita mengatakan setiap tenaga kesehatan harus diperiksa di meja skrining dan dinyatakan layak untuk menerima vaksin.

“Setiap tenaga kesehatan itu harus mendaftar diri dulu baru diperiksa di meja skrining. Kalau tidak ada masalah baru dilanjutkan ke proses vaksinasi,” ungkapnya.

Novita juga mengatakan bahwa sejak vaksinasi pertama kali di Puskesmas, hanya ada dua orang yang tidak bisa menerima vaksin karena tidak lolos dari meja vaksin.

“Ada dua orang kemarin yang tidak bisa divaksin, satu karena hipertensi satunya lagi hipotensi,” ucapnya.

Sementara untuk proses pascavaksinasi, Novita mengatakan harus menunggu selama 30 menit untuk observasi dan melihat kondisi tenaga kesehatan.

“Jadi setelah divaksin kita ada membuat memo, nah memo ini penting untuk proses observasi. Di sana ditulis waktu nya, jadi minimal 30 menit baru bisa meninggal kan lokasi vaksinasi,” pungkasnya.***trb/mpc/bs

 

 

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version