Viral Narasi ‘Gubsu Serukan Jihat-Revolusi Rezim Busuk’, Pemprov Pastikan Hoax

Medan(MedanPunya) Tangkapan layar berisi narasi yang menyebut Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menyerukan jihad dan revolusi terhadap rezim busuk beredar. Pemprov Sumut menyatakan isi posting-an itu adalah kabar bohong alias hoax.

Narasi itu disebut berasal dari posting-an sejumlah akun Facebook. Dalam posting-an itu, narasi yang menyebut-nyebut Edy menyerukan jihad dan revolusi terhadap rezim busuk disampaikan saat Edy berpidato.

“Kami mengundang semua elemen bangsa, dari Papua, dari NTB, dari Bali, dari Aceh, dari Lampung, AYO KITA MULAI REVOLUSI INI!” demikian penggalan kalimat dalam posting-an tersebut.

Narasi itu diunggah pada 13 Oktober 2020. Namun, ada pula narasi yang sama diunggah oleh akun lainnya pada 27-28 September 2019.

Pemprov Sumut memberikan penjelasan soal narasi tersebut. Narasi itu disebut hoax.

“Kali ini ramai tersebar di sosial media tentang ajakan Gubernur Edy Rahmayadi tentang seruan Jihad dan Revolusi, di sini kami tegaskan bahwa informasi tersebut bohong dan tidak benar,” demikian ditulis akun resmi Humas Sumut.

Pemprov Sumut meminta masyarakat tidak menyebarluaskan narasi hoax tersebut. Warga diminta waspada terhadap informasi bohong.

“Mohon untuk tidak menyebarluas informasi tersebut,” lanjut akun resmi Humas Sumut.***dtc/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version