Walkot Bobby Jelaskan Alasan Mempersempit Jalan di Kesawan

Medan(MedanPunya) Pemerintah mempersempit ruas Jalan Ahmad Yani yang berada di kawasan Kota Lama Kesawan, Kota Medan. Wali Kota Medan Bobby Nasution beralasan, penyempitan jalan tersebut untuk meningkatkan nilai transaksi perdagangan.

“Memang hari ini kita kecilkan karena itu memang kawasan niaga, kawasan perdagangan, yang ingin kita tingkatkan adalah nilai transaksi perdagangan yang ada di kawasan wilayah Kesawan itu sendiri,” kata Bobby Nasution dalam video yang diunggah di Instagram pribadinya, dilihat, Selasa (9/5).

Jalan Ahmad Yani yang merupakan jalan utama penghubung Medan bagian Selatan ke Medan bagian Utara. Dengan adanya penyempitan jalan tersebut, arus lalu lintas akan dialihkan ke Jalan Irian Barat dan Jalan Jawa.

“Solusinya apa? Solusinya di tahun ini juga jalan utama dari Medan Selatan ke Medan Utara yang hari ini jalan utamanya itu ada di Kesawan akan kita pindahkan ke Jalan Irian Barat dan Jalan Jawa,” ucapnya.

Sebagai antisipasi untuk mencegah kemacetan di Jalan Irian Barat dan Jalan Jawa, Pemkot Medan akan membangun underpass di simpang Jalan HM Yamin. Bobby menyebutkan, dalam waktu dekat, pembangunan underpass itu akan dimulai.

“Nanti di situ kita buat jalan utamanya di situ, makanya di tahun ini akan kita bangun di situ underpass, insyaallah dalam waktu dekat ini, sebulan dua bulan ke depan ini akan bisa kita mulai pekerjaannya,” sebutnya

Pembangunan underpass tersebut kata Bobby untuk meningkatkan kapasitas arus lalu lintas di jalan itu. Sehingga tidak ada lagi traffic light di persimpangan Jalan Jawa dan Jalan HM Yamin.

“Ya mudah-mudahan kalau selesai, kawasan Kesawan ekonominya hidup, tapi lalu lintas menuju dari Medan Selatan ke Medan Utara tidak terganggu karena kita pindahkan jalur utamakan ke Jalan Irian dan Jalan Jawa dan kita tambahkan kapasitas jalannya menggunakan underpass, jadi tidak ada simpang lagi, tidak ada lampu merah lagi, sehingga ini bisa melancarkan lalu lintas yang ada di Kota Medan,” ujarnya.

Bobby menuturkan revitalisasi kawasan Kota Lama Kesawan akan rampung pada bulan Oktober 2023 mendatang. “(Jalan) Ahmad Yani, kawasan Kesawan secara seluruhnya itu paling lama selesai di bulan 10 (Oktober) di 2023,” tutupnya.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version