Warga Dilarang Lihat Penghitungan Suara di TPS, Ini Kata KPU Medan

Medan(MedanPunya) Sebuah video bernarasikan warga dilarang melihat penghitungan surat suara di tempat pemungutan suara (TPS) di Medan viral di media sosial. Begini kata Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan.

Dalam video yang dilihat, Jumat (16/2) seorang wanita berseragam batik yang diduga KPPS sedang cekcok dengan warga di luar pagar. Wanita itu meminta agar warga mempercayakan penghitungan suara kepada mereka.

“Jadi bapak dan ibu percayakan sama kami,” kata wanita dalam video.

Seorang pria yang merekam aksi itu membantah jika mereka menganggu penghitungan. Pria tersebut mengaku warga.

“Woi, ni masyarakat, bukan mengganggu,” ucap pria itu.

Kemudian, pria itu menyebutkan jika kejadian itu terjadi di TPS 033 Kelurahan Bandar Selamat, Medan Tembung. Dia menuding jika penghitungan suara di TPS itu tidak transparan.

“TPS 033 Bandar Selamat, Medan Tembung, ini masyarakat tidak boleh dikasih masuk, tidak boleh melihat hasil, luar biasa TPS ini, nggak transparan ini, kami sudah ke lurah, lurah nggak ada,” ucapnya.

Seorang aparat TNI yang diduga Babinsa di lokasi terlihat mencoba memenangkan warga. Namun pria tersebut kembali mempertanyakan kenapa gerbang dikunci sehingga warga tidak bisa melihat penghitungan suara.

“Ini kita protes bang, kita bukan memaksa, kita meminta fakta, ini kenapa dikunci, itu dulu bang,” bebernya.

Ketua KPU Medan Mutia Atiqah menyebutkan tidak ada larangan terhadap warga yang ingin melihat proses penghitungan surat suara. Namun Mutia tidak menjelaskan lebih detail terkait peristiwa itu.

“Tidak ada larangan (warga melihat penghitungan surat suara),” sebut Mutia Atiqah.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version