Warga Keluhkan Banyak Sampah di Sungai Bedera di Medan Tiap Selesai Hujan

Medan(MedanPunya) Banyaknya sampah yang hanyut di Sungai Bedera di Medan, Sumatera Utara (Sumut), viral di media sosial. Warga setempat mengeluhkan sampah banyak muncul tiap hujan deras selesai mengguyur.

Dilihat, Senin (25/1), dalam video viral itu tampak sampah yang hanyut di aliran sungai tersebut. Pengunggah menyebut peristiwa itu terjadi pada Minggu (24/1) sore.

Banyaknya sampah yang mengalir itu direkam oleh pengunggah di sekitar Kelurahan Terjun, Medan Marelan yang berbatasan dengan Hamparan Perak, Deli Serdang. Pengunggah mengaku tak tahu dari mana asal sampah itu.

Sementara itu, berdasarkan pantauan hari ini, tak lagi terlihat banyak sampah yang hanyut terbawa arus sungai. Namun, masih terlihat sampah yang berserakan di pinggir sungai.

Salah seorang warga, Zulhamdi mengatakan banyaknya sampah yang hanyut terbawa arus sungai terjadi setiap hujan deras terjadi. Dia menduga sampah itu hanyut dari arah hulu.

“Setiap hujan deras dari atas sana, hanyut (segala sampah),” sebut Zulhamdi.

Dia berharap masalah sampah yang hanyut di sungai setiap hujan deras mengguyur segera dituntaskan pemerintah. Dia juga berharap warga sekitar sungai sadar menjaga kebersihan.

“Harapan kita kalau bisa bagaimana pemerintah diperhatikanlah ini. Bagaimana jangan ada lagi dari atas sana buang-buang sampah. Kita jaga kebersihan lah,” ujar Zulhamdi.

Sungai Bedera sendiri pernah jadi sorotan saat ada ratusan bangkai babi yang ditemukan hanyut di sungai ini pada November 2019 silam. Saat itu, warga mengeluhkan bau busuk yang diduga berasal dari sampah. Namun setelah dicek, ternyata bau itu berasal dari bangkai babi.

Instansi terkait kemudian melakukan pembersihan. Saat itu, Camat Medan Marelan M Yunus menyebut ada ratusan bangkai babi yang berada di Sungai Bedera. Bangkai babi di sungai itu telah tuntas dibersihkan.***dtc/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version