De Gea Masih Dilema MU

Manchester(MedanPunya) David de Gea akan habis kontrak dengan Manchester United akhir musim ini. MU kini menghadapi dilema, apakah ingin mempertahankannya atau mencari sosok baru.

Kontrak De Gea bersama Manchester United habis pada Juni 2023 mendatang. MU sebenarnya masih punya opsi untuk memperpanjang kontrak itu setahun lagi, tapi Manajer MU Erik ten Hag diyakini bisa saja membuat keputusan lain.

Kiper 31 tahun itu awal musim ini sempat mendapatkan kecaman karena melakukan sejumlah kesalahan fatal berujung gol lawan. Kecerobohannya dalam mengoper dan mendistribusikan bola menjadi sorotan.

Datangnya Erik ten Hag sebagai manajer baru memang membuat De Gea mesti mengubah perannya menjadi kiper yang banyak terlibat dalam permainan. Selama ini ia dikenal sebagai shot stopper, bukan sweeper keeper yang mahir dengan kaki-kakinya namun dibutuhkan Ten Hag.

Meski demikian, kesulitan di awal musim ini tak bikin De Gea berkecil hati. Ia masih berharap bisa bertahan selama beberapa musim lagi.

“Tentu saja, saya ingin berada di sini lebih lama lagi. Jadi mari kita lihat apa yang terjadi ke depannya. Saya sangat-sangat senang ada di sini,” ungkapnya usai kemenangan MU atas Everton, Senin (10/10) dini hari WIB.

Pada akhirnya keputusan akan berada di tangan Ten Hag. Manajer asal Belanda itu sejauh ini sudah membuat sejumlah keputusan berani, termasuk menepikan Cristiano Ronaldo dan kapten Harry Maguire.

Ia diperkirakan bisa membuat keputusan serupa terkait De Gea. MU sejatinya punya Martin Dubravka, yang didatangkan musim panas kemarin, namun Ten Hag masih menunjukkan kepercayaannya terhadap De Gea.

“Semuaya tergantung cara Erik ten Hag ingin bermain. Kalau dia mau main dari belakang seperti dengan Ajax, kuncinya adalah seseorang yang punya kemampuan kaki lebih baik,” ungkap mantan bek MU Rio Ferdinand.

“Itu bukan kekuatan terbesar David de Gea. Rasanya sih dia cukup oke, tapi kekuatan terbesarnya adalah menghentikan tembakan,” imbuhnya mengakui De Gea bukan sweeper keeper mumpuni.

Walaupun mengakui De Gea bukan tipe kiper yang cocok untuk Ten Hag secara permainan, Ferdinand merasa karakternya cukup untuk diganjar dengan kontrak baru. De Gea sejauh ini dirasa senantiasa merespons kesulitan dan tantangan yang dihadapi dengan sangat baik.

“Saya akan memberinya kontrak baru. Menurut saya, karakternya sangat menonjol, karena dia punya masa-masa ketika ditepikan dari tim untuk Dean Henderson dan dipertanyakan publik,” sambung Ferdinand.

“Bahkan ketika dia pertama kali datang dulu, orang-orang bilang apakah dia sosok yang tepat? Sebab dia sangat muda, mungkin bukan orang yang tepat. Tapi dia selalu bangkit,” ujarnya.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version