Inggris Pertimbangkan Tuchel atau Pochettino Gantikan Southgate

London(MedanPunya) Timnas Inggris mempertimbangkan pelatih asing untuk menggantikan Gareth Southgate. Thomas Tuchel dan Mauricio Pochettino kabarnya masuk daftar incaran.

Masa depan Southgate sebagai manajer Timnas Inggris dipertanyakan menyusul hasil di Piala Dunia 2022. Tiga Singa terhenti di perempatfinal usai disingkirkan Prancis 1-2.

Ini menjadi kegagalan ketiga Southgate bersama Inggris di turnamen mayor. Sejak membesut tim pada 2016, dia hanya mampu mengantarkan Inggris menjadi semifinalis Piala Dunia 2018, finalis Piala Eropa 2020, dan delapan besar Piala Dunia 2022.

Para pemain Inggris mendukung Gareth Southgate bertahan di posisinya. Di satu sisi, tidak sedikit pihak menganggap pelatih 52 tahun itu gagal dan memintanya mundur.

Federasi Sepakbola Inggris (FA) disebut-sebut mendukung Southgate bertahan di tim nasional. FA rencananya akan membahas masa depan sang pelatih pada minggu-minggu mendatang.

FA punya opsi lain apabila Southgate memutuskan mundur dari jabatannya. FA akan membuka kesempatan pelatih dari luar Inggris untuk membesut Harry Maguire cs.

FA berkaca dari kesuksesan Timnas Putri Inggris yang meraih kejayaan bersama pelatih asal Belanda, Sarina Wiegman. The Lionesses berhasil menyabet titel Piala Eropa Putri 2022, gelar senior pertama Inggris sejak tim putra merengkuh trofi Piala Dunia 1966.

Dua nama pelatih asing yang menjadi bidikan FA yakni Thomas Tuchel dan Mauricio Pochettino. Keduanya sudah kenyang pengalaman di Premier League dan sama-sama menganggur saat ini.

Timnas Inggris sepanjang sejarahnya baru dua kali menggunakan jasa pelatih asing. Sven-Goran Eriksson (Swedia) dan Fabio Capello (Italia) pernah menangani Tiga Singa tanpa meraih satu pun gelar juara.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version