Italia Kalah di Finalissima, Efek Psikologis Gagal Tembus Piala Dunia

London(MedanPunya) Timnas Italia diganyang Argentina dalam Finalissima 2022. Kekalahan Gli Azzurri dinilai sebagai efek psikologis usai gagal menembus Piala Dunia.

Finalissima 2022 mempertemukan juara Piala Eropa, Italia, dengan Argentina selaku kampiun Copa America. Pertandingan berlangsung di Stadion Wembley, Kamis (2/6/2022).

Italia dibuat tak berdaya dengan permainan agresif Argentina. Anak asuh Roberto Mancini hanya mampu melepaskan 7 tembakan (3 on target) dan 44 persen penguasaan bola sepanjang laga, kalah jauh daripada Tim Tango yang mencatatkan 17 attempts (10 on target) dan menguasai bola 56 persen.

Argentina memimpin dua gol di babak pertama via gol Lautaro Martinez dan Angel Di Maria. Gol Paulo Dybala menjelang pluit panjang berbunyi memastikan Lionel Messi dkk menang 3-0 dan berhak atas trofi Finalissima.

Kekalahan telak Italia dari Argentina disorot eks bintang La Nazionale, Roberto Baggio. The Divine Ponytail menilai hasil ini tak bisa dilepaskan dari kondisi psikologis Leonardo Bonucci dkk yang jeblok usai gagal lolos ke Piala Dunia Qatar 2022.

“Saya pikir Italia menderita efek psikologis setelah gagal menembus putaran final Piala Dunia. Anda bisa melihatnya sebagai masalah psikologis,” kata Baggio.

“Kami melihat tadi malam, Anda tidak bisa membandingkan ketenangan dan kepercayaan diri para pemain Argentina dengan kondisi pikiran penggawa kami saat ini,” sambungnya.

“Roberto Mancini melakukan sesuatu yang luar biasa, dia harus dihormati dan dibiarkan terus bekerja seperti yang dia lakukan. Kami memiliki talenta muda yang tidak diberi ruang untuk bermain di Serie A dan itu adalah masalah yang umum.” Roberto Baggio mengungkapkan.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version