Media Prancis Tuding Gol Ketiga Argentina yang Dicetak Messi Tidak Sah

Paris(MedanPunya) Media Prancis menuding gol ketiga Argentina dalam babak kedua extra time final Piala Dunia 2022 yang dicetak Lionel Messi tidak sah. Kenapa?

Final Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Argentina vs Prancis sudah tuntas, Minggu (18/12). Albiceleste berduel sengit melawan Les Bleus di Stadion Lusail, Qatar.

Argentina sempat unggul 2-0 lewat gol Messi dan Angel Di Maria pada babak pertama. Namun,Prancis bisa mengejar menjadi 2-2 di babak kedua, lewat gol Kylian Mbappe.

Kemudian, Messi sempat membuka asa Argentina juara lewat gol ketiganya di menit ke-109. Namun, Mbappe lagi-lagi bisa menyamakan skor menjadi 3-3, dan akhirnya laga final Piala Dunia 2022 dituntaskan lewat drama adu penalti. Di babak tos-tosan itu, Argentina kemudian menang 4-2, dan berhak menggondol trofi.

Usai final, media Prancis menyoroti gol ketiga Argentina yang dicetak Messi. L’Equipe menuding gol tidak sah, karena ada pemain Argentina di bench terlihat masuk ke lapangan.

Saat Messi menyarangkan gol, terlihat beberapa pemain Argentina di bench yang antusias melewati garis sampai masuk ke dalam lapangan permainan.

“Menurut aturan, gol kedua Lionel Messi seharusnya ditolak Szymon Marciniak, wasit final. Kami menjelaskan alasannya,” tulis L’Equipe.

“Ketika Messi meneruskan bola muntah dari Hugo Lloris, beberapa pemain pengganti Argentina, yang terbawa emosi, sudah berada di lapangan, bersiap untuk merayakannya. Ini sangat dilarang,” tulis media Prancis itu.

L’Equipe mendasarkan opininya, lewat aturan Laws of the Game Pasal 3 Paragraf 9, yang berbunyi, “Jika, setelah gol dicetak, wasit menyadari sebelum dimulainya kembali permainan bahwa ada orang tambahan di lapangan pada saat gol itu terjadi, wasit harus menolak gol jika orang tambahan itu adalah: pemain, pemain pengganti, pemain pengganti, pemain yang dikecualikan, atau ofisial tim yang mencetak gol,” tulis Laws of the Game.

Usai gol Lionel Messi, terlihat pemain di bench Argentina memang sampai menyebrangi lapangan untuk ikutan selebrasi di sudut lapangan. Wasit tak mempermasalahkan hal itu, sampai akhirnya laga final Piala Dunia 2022 terus berjalan dan lanjut adu penalti, yang dimenangkan Tim Tango.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version