Messi yang Tak Suka Diganti: Lebih Baik Jadi Cadangan daripada Ditarik Keluar

Paris(MedanPunya) Lionel Messi menjadi sorotan dalam laga Paris Saint-Germain (PSG) vs Lyon, Senin (20/9) dini hari WIB. Bukan karena aksi atau golnya, Messi jadi sorotan lantaran dalam laga tersebut karena ia ditarik keluar saat PSG sedang memburu gol kemenangan.

Lionel Messi menghuni starting XI PSG ketika klub besutan Mauricio Pochettino itu menjamu Lyon pada laga pekan keenam kompetisi teratas Liga Perancis, Ligue 1.

Menghadapi Lyon di Stadion Parc des Princes, Paris, PSG lebih dulu tertinggal dari tim tamu lewat gol Lucas Paqueta pada menit ke-54.

Les Parisiens, julukan PSG, kemudian bisa menyamakan skor pada menit ke-66 melalui sepakan penalti Neymar.

Ketika timnya membutuhkan tambahan gol untuk meraih kemenangan, Mauricio Pochettino justru menarik keluar Lionel Messi dan memasukkan Achraf Hakimi pada menit ke-76.

Pada akhirnya, PSG memang bisa meraih kemenangan berkat gol telat Mauro Icardi pada menit kedua masa injury time babak kedua.

Meski Les Parisiens bisa memastikan tiga poin atas Lyon, keputusan Pochettino mengganti Messi saat timnya membutuhkan gol tetap menjadi sorotan.

Ekspresi Lionel Messi saat melewati Pochettino di pinggir lapangan pun viral di dunia maya.

Soal keputusan mengganti Messi dengan Hakimi, Pochettino berdalih bahwa hal itu ia lakukan berdasarkan situasi di lapangan.

“Semua orang tahu bahwa kami memiliki pemain-pemain hebat di tim. Kami memiliki skuad yang sangat kaya dengan 35 pemain di dalamnya,” kata Pochettino sesuai laga PSG vs Lyon.

“Lalu, kami harus memilih 11 pemain untuk menjadi starter. Kemudian, kamu juga harus membuat keputusan selama pertandingan.”

“Terkadang, pilihan ini membuahkan hasil dan terkadang tidak. Namun, itulah mengapa kami (tim pelatih) berdiri di depan bangku cadangan sambil memikirkan apa yang harus dilakukan,” tutur Pochettino.

Ekspresi kecut Lionel Messi yang bahkan tak menyalami Pochettino saat berjalan keluar lapangan memang bisa dipahami. Sebab, megabintang asal Argentina itu memang tipe pemain yang tak suka diganti.

Saat masih memperkuat Barcelona, Messi mengaku bahwa ia lebih suka menjadi pemain cadangan daripada ditarik keluar di tengah pertandingan.

“Saya tidak suka diganti,” kata Messi.

“Saya lebih suka datang dari bangku cadangan dan bermain lebih sedikit daripada ditarik keluar,” ujar Messi menambahkan.

Messi lebih suka masuk lapangan sebagai pemain pengganti meski menjelang akhir pertandingan sebab ia masih bisa berbuat sesuatu ketika pemain-pemain lawan kelelahan.

“Saya mengatakan itu karena banyak pertandingan diselesaikan menjelang akhir pertandingan, atau Anda bisa menemukan lebih banyak ruang karena lawan sudah lelah,” ucap Messi.

“Saya lebih suka masuk dan menikmatinya daripada keluar dan kehilangan yang terbaik,” imbuh pemenang enam Ballon d’Or tersebut.

Mantan pelatih Barcelona, Luis Enrique, pernah merasakan bagaimana keras kepalanya Messi yang tak mau diganti.

Pada laga menghadapi Eibar di Liga Spanyol, 2014 silam, Lionel Messi menolak untuk diganti.

Ketika Enrique meminta Messi agar mau diganti Munir El Haddadi yang sudah bersiap di pinggir lapangan, pemain berjulukan La Pulga itu hanya mengacungkan ibu jarinya sebagai tanda bahwa ia baik-baik saja dan ingin terus melanjutkan pertandingan.

Melihat Messi yang tak mau diganti, Enrique lantas memilih Neymar sebagai pemain yang ditarik keluar.

“Apa yang terjadi bisa dimaknai dengan banyak cara, tergantung siapa yang bertindak. Saya akan terus melakukan apa yang sebelumnya telah saya lakukan,” kata Luis Enrique soal insiden tersebut.

Adapun, musim ini Lionel Messi telah membukukan tiga penampilan bersama PSG. Dari tiga pertandingan tersebut, dua di antaranya terjadi di Ligue 1 termasuk laga menghadapi Lyon.***kps/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version