Neymar Ukir Sejarah di Liga Champions

Paris(MedanPunya) Hat-trick Neymar menginspirasi Paris St. Germain menggulung Istanbul Basaksehir 5-1. Superstar sepakbola Brasil itu turut menuliskan namanya dalam buku sejarah Liga Champions.

PSG dan Basaksehir melanjutkan pertandingan matchday 6 di Parc des Princes, yang sempat tertunda karena dugaan rasialisme seorang wasit pertandingan, pada Kamis (10/12/2020) dinihari WIB. Tiga gol dibuat Neymar dalam waktu 50 menit, yang memastikan PSG lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup H.

Dua gol PSG lain disumbangkan Kylian Mbappe sedangkan satu-satunya gol balasan Baksehir diciptakan Mehmet Topal di awal babak kedua. Dengan hasil ini Les Parisiens menyudahi fase grup teratas dengan perolehan 12 poin, sama dengan RB Leipzig di bawahnya namun PSG unggul head to head gol tandang.

Sementara itu dua golnya ke gawang Basaksehir membuat Neymar sudah mengoleksi 20 gol untuk PSG di Liga Champions. Secara keseluruhan mantan penggawa Barcelona itu telah mencetak 41 gol dalam kariernya di kompetisi ini sejak 2013.

Statistik Opta mengemukakan bahwa Neymar membuat rekor yang belum pernah dibukukan dua pemain fenomenal Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Dia menjadi pemain pertama dalam sejarah Liga Champions yang mengemas paling tidak 20 gol dalam semusim kompetisi untuk dua tim yang berbeda. Sebelum di PSG, Neymar berhasil menyumbang 20 gol untuk Barcelona.

“Kami sudah memenangi tiga poin setelah tiga pertandingan. Itu adalah tiga final di depan mata kami, kami nyaris tersingkir,” ungkap pelatih PSG Thomas Tuchel usai laga dikutip the Sun. “Kami memperoleh kepercayaan diri melalui menunjukkan kualitas dan kapasitas kami.

“Tim saya seharusnya memeng tampil seperti ini. Saya sangat gembira menjadi pemimpin dari tim ini,” dia menambahkan mengenai performa Neymar cs.***dtc/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version