Santos: Siapa Bilang Messi Sudah Pecahkan Rekor Gol Pele?

Santos(MedanPunya) Lionel Messi berhasil mengukuhkan diri sebagai pemain dengan gol terbanyak di satu tim. Rekor La Pulga tersebut tidak diakui Santos, mantan klub Pele.

Messi menyumbang satu gol saat Barcelona menang 3-0 atas Real Valladolid di Liga Spanyol akhir pekan lalu. Tambahan satu golnya itu membuat bintang Argentina tersebut kini sudah mengoleksi 644 gol bersama Blaugrana.

Jumlah itu sekaligus melampaui catatan milik legenda sepakbola Brasil, Pele. Pria bernama asli Edson Arantes do Naschimento tersebut sebelumnya menyandang status sebagai pemain dengan gol terbanyak di satu klub.

Pele memiliki koleksi 643 gol selama kariernya di Santos pada periode 1956 hingga 1974. Rekor milik legenda berjuluk O Rei (Sang Raja) tersebut bertahan selama 46 tahun, sebelum akhirnya dipecahkan Lionel Messi.

Kendati demikian, Santos mengklaim jika Pele telah membobol lawan lebih dari 643 kali sepanjang kariernya di klub Brasil itu. Melansir laman resmi klub, Santos menolak klaim yang menyebut Messi sudah memecahkan rekor gol Pele.

Dalam perhitungan Santos, Pele sudah mencetak 1.091 gol selama 18 tahun pengabdiannya di klub berjuluk O Peixe itu. Rinciannya, 643 gol dalam kompetisi dan 448 gol di laga persahabatan dan uji coba.

Santos menilai gol-gol Pele di pertandingan persahabatan tetap harus dimasukkan ke dalam catatan golnya. Mereka menyebut laga-laga itu digelar secara resmi dan sesuai aturan FIFA.

Santos juga membantah klaim Pele hanya menghadapi lawan-lawan lemah di laga persahabatan. Dalam catatan Santos, mereka bertemu tim-tim hebat dari seluruh dunia sepanjang periode 1960-an, termasuk Barcelona yang pernah dibobol Pele empat kali.

“Pele mencetak 1.091 gol untuk Santos. Sang Raja Sepakbola mencetak 643 gol dalam kompetisi, sementara 448 gol lainnya, yang dicetak dalam laga-laga persahabatan, dianggap sebelah mata seolah-olah mereka memiliki nilai yang lebih rendah daripada yang lain,” begitu tulis pernyataan Santos di laman resmi klub.

“448 gol yang diabaikan itu dicetak melawan klub dan tim-tim utama. America (Meksiko) dan Colo Colo (Chile) masing-masing dijebol sembilan kali oleh Pele. Internazionale Milan, salah satu tim top Eropa di 1960-an, kebobolan delapan gol oleh Sang Raja,” sambungnya.

“Daftarnya sangat banyak dengan lawan-lawan seperti: River Plate, Boca Juniors, Racing, Universidad de Chile, Real Madrid, Juventus, Lazio, Napoli, Benfica, dan Anderlecht. Barcelona sendiri, tempat Messi sekarang bermain, juga menjadi korban Pele: Empat gol dicetak dalam empat pertandingan,” Santos mengungkapkan.***dtc/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version