cache/resized/89223fafb7193a09af541cb2610486b2.jpg
Jakarta(MedanPunya) Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2020 ...
cache/resized/9e51edb2fb71b473d38ba9a7a712fc12.jpg
Washington(MedanPunya) Pemerintah Amerika Serikat tengah menyelidiki intensif apakah virus Corona ...
cache/resized/9a84fa7c035130d22fadbbf8666b577e.jpg
Medan(MedanPunya) Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Martuani Sormin meminta semua pihak mematuhi ...

Jakarta(MedanPunya) Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kabupaten Natuna dalam rangka meningkatkan moral pasukan yang bertugas. Menurut Dasco, Jokowi ingin menunjukkan Indonesia negara berdaulat.

"Terkait dengan kunjungan Pak Jokowi ke sana dalam meningkatkan moral pasukan kita dalam kemudian menunjukkan bahwa kita ini negara yang berdaulat ya kita harus apresiasi," kata Dasco di Kompleks Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (8/1).

Menurut Dasco, selain kehadiran Jokowi di Natuna, diperlukan juga jalur diplomasi ke berbagai negara yang berkepentingan terkait wilayah Natuna. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), kata dia, dilibatkan soal konflik wilayah Natuna jika diperlukan.

"Yang pertama menurut saya cara diplomasi memang harus ditempuh, karena kan memang dalam diplomasi ini juga bisa nanti tidak hanya melibatkan G2G, bisa saja nanti jalur diplomasi ini melibatkan beberapa negara yang berkepentingan misalnya lembaga PBB saya pikir kalau memang ada ketidaksesuaian karena kita lihat waktu dengan Malaysia putusan arbitrase yang sifatnya mengikat saja tidak dipatuhi kan begitu," ujar Dasco.

Langkah Jokowi mengerahkan kapal-kapal ikan ke Natuna pun dinilai Dasco sangat diperlukan. Dasco menyebut keputusan tu menunjukkan nelayan Indonesia tak takut melaut ke Natuna.

"Lalu kemudian soal pengerahan kapal ikan saya pikir kalau perlu seluruh kapal tangkap yang memang sanggup untuk ke Natuna walaupun melewati-melewati wilayah pengelolaan perikanan, ada WPP kan itu , ya nggak apa-apa dibebasin saja dulu ke Natuna, untuk kita tunjukkan bahwa kita juga punya kapal, punya nelayan, yang juga nggak takut gitu loh. Kan ini pertahanan rakyat semesta juga," imbuhnya.***dtc/mpc/bs

  • 0 komentar
  • Baca 158 kali