Pengguna Google Drive Laporkan Kehilangan Data

MedanPunya – Sejumlah pengguna Google Drive melaporkan masalah yang membuat data mereka di layanan cloud storage itu menghilang.

Laporan ini muncul di forum Google Support dan berbagai platform lain, dan mengindikasikan kalau ada banyak pengguna yang kehilangan akses terhadap data tertentu yang disimpan di akun Google Drive mereka.

Seperti dilaporkan oleh Android Police, masalah data hilang ini tampaknya terjadi pada data yang diupload setelah Mei 2023. Pasalnya ada seorang pengguna Drive asal Korea Selatan yang menemukan semua datanya yang diupload setelah Mei 2023 menghilang.

Parahnya, data tersebut benar-benar menghilang tanpa jejak. Baik itu di folder, trash, ataupun revision. Pengguna itu pun mengklaim kalau akunnya itu hanya dipakai sendiri, bukan akun yang dipakai beramai-ramai.

Ada juga pengguna lain yang melaporkan kehilangan datanya, tapi folder dan subfolder-nya masih tersimpan di Drive. Seorang pengguna lain juga mengaku kehilangan data yang sangat penting dari akun Drive-nya.

Penyebab hilangnya data dari Drive ini belum diketahui, juga Drive di platform apa yang terdampak, web, aplikasi, ataupun folder tersinkronisasi di komputer.

Google menanggapi laporan penggunanya ini di forum Google Support. Pengguna yang kehilangan data diminta untuk tak melakukan perubahan di Drive-nya selama Product Engineer Google menginvestigasi masalah ini. Terutama melakukan modifikasi root/data folder di perangkatnya.

Kemudian mereka melaporkan hasil investigasi sementaranya. Masalah ini, menurut Google, terjadi pada pengguna Drive for desktop. Solusi sementara dari Google adalah jangan mengklik ‘Disconnect account’ pada Drive for desktop. Lalu pengguna juga dilarang menghapus atau memindahkan data folder aplikasi tersebut.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version