Ternyata Penemu Telepon Bukan Alexander Graham Bell

MedanPunya – Selama ini orang yang disebut sebagai penemu telepon adalah Alexander Graham Bell. Namun, ada sosok Antonio Meucci yang terlupakan. Justru, menurut Dewan Perwakilan Amerika Serikat pada tahun 2002, Meucci lah orang yang pertama kali menciptakan telepon.

Lantas, siapa Antonio Meucci? Meucci adalah seorang laki-laki asal Italia kelahiran 1808. Dia menekuni ilmu desain dan teknik mesin di Academy of Fine Arts, Florence. Pada 1830-an, dia pindah ke Kuba dan bergulat dengan metode kejut listrik yang dia kembangkan untuk menangani penyakit. Baru di tahun 1850, dia pindah ke Staten Island, dekat New York, untuk mengembangkan teknologi lainnya.

Di tahun 1856, Meucci menginstal perangkat seperti telepon untuk berkomunikasi dengan istrinya, Ester, yang sedang sakit, ketika ia bekerja di lab bawah tanahnya. Di antara 1856-1870, Meucci dikabarkan mengembangkan lebih dari 30 tipe telepon. Meucci baru mengenalkan teknologi yang disebut ‘teletrofono’ dalam sebuah demonstrasi di New York pada tahun 1860.

Kendati demikian, Meucci tidak mendapatkan paten dari pembuatan teleponnya meski sudah memberikan pengajuan. Di tahun 1876, justru Alexander Graham Bell yang dinobatkan sebagai penemu telepon.

Banyak sekali rintangan yang membuat Meucci tidak dapat mendapatkan kredit atas karyanya. Ditambah lagi, dia tidak piawai berbahasa Inggris. Puluhan tahun kemudian, namanya baru lah terangkat sebagai penemu telepon. Ini pun berkat usaha keras banyak orang termasuk mendiang penulis biografinya, Basillio Catania.

Pada tahun 2002 Dewan Perwakilan AS, atas prakarsa anggota kongres dan penduduk asli Staten Island Vito Fossella, mengeluarkan Resolusi 269. yang menyatakan hidup Meucci ‘luar biasa dan tragis’.

“Dewan Perwakilan berpendapat bahwa kehidupan dan prestasi Antonio Meucci harus diakui, dan karyanya dalam penemuan telepon harus diakui,” kata resolusi tersebut.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version