100 Hari Invasi Ukraiva, Rusia: Operasi Lanjut hingga Semua Tujuan Tercapai

Moskow(MedanPunya) Kremlin atau kantor kepresidenan Rusia menilai hasil operasi militernya di Ukraina yang memasuki 100 hari pada Jumat (3/6) dengan mengklaim ‘hasil tertentu’ telah dicapai. Ditegaskan juga oleh Kremlin bahwa ‘pekerjaan’ di Ukraina akan terus berlanjut hingga semua tujuan tercapai.

Rusia menyebut aksinya di Ukraina yang dilancarkan sejak 24 Februari lalu sebagai ‘operasi militer khusus’.

“Hasil tertentu telah dicapai,” klaim juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan via conference call rutin pada Jumat (3/6) waktu setempat. Peskov menjawab pertanyaan wartawan soal operasi militer Rusia yang memasuki hari ke-100.

Otoritas Rusia sebelumnya menegaskan bahwa pengiriman pasukan ke Ukraina bertujuan membela dua wilayah separatis pro-Moskow, Donetsk dan Luhansk, dari pasukan militer Kiev.

“Dalam hal memastikan perlindungan mereka, langkah-langkah tengah diambil dan hasil tertentu telah dicapai,” tegas Peskov dalam pernyataannya.

“Banyak permukiman yang telah dibebaskan dari Angkatan Bersenjata Ukraina yang pro-Nazi dan secara langsung dari elemen nasionalis,” ujarnya.

Rusia telah berulang kali menggambarkan otoritas Ukraina sebagai neo-Nazi dan nasionalis — julukan yang disebut oleh Kiev sebagai propaganda demi membenarkan invasi ke wilayahnya.

“Kesempatan telah diberikan kepada orang-orang untuk memulai kehidupan yang damai,” sebut Peskov.

“Pekerjaan ini akan berlanjut hingga semua tujuan dari operasi militer telah tercapai,” cetusnya.

Diketahui bahwa kehidupan banyak orang yang tak terhitung jumlahnya di Ukraina menjadi jungkir balik selama perang berlangsung, dengan ribuan orang dilaporkan tewas dan jutaan orang lainnya terpaksa mengungsi dari rumah masing-masing.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version