103 Pesawat Tempur China Terbang di Sekitar Taiwan

Taipe(MedanPunya) Sebanyak 103 pesawat tempur China dan sembilan kapal angkatan laut terdeteksi di sekitar Taiwan pada Senin (18/9).

China mengeklaim Taiwan sebagai wilayahnya yang akan direbut suatu hari nanti, dengan kekerasan jika perlu.

“Antara pagi hari tanggal 17 hingga 18 September, Kementerian Pertahanan Nasional mendeteksi total 103 pesawat China yang merupakan angka tertinggi baru-baru ini dan menimbulkan tantangan berat terhadap keamanan di Selat Taiwan dan di kawasan,” kata kementerian di Taiwan tersebut.

“Tekanan militer yang terus-menerus dilakukan Beijing dapat dengan mudah menyebabkan peningkatan tajam ketegangan dan memperburuk keamanan regional,” tambahnya, seraya meminta China segera menghentikan tindakan sepihak tersebut.

Dari jumlah total pesawat tempur yang terdeteksi, 40 di antaranya melintasi garis median Selat Taiwan yang memisahkan pulau itu dari China, dan memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) barat daya dan tenggara.

Pekan lalu Taipei juga melaporkan peningkatan masuknya pesawat tempur dan kapal China, setelah Beijing mengatakan pasukannya dalam siaga tinggi menyusul dua kapal Amerika Serikat dan Kanada yang transit melalui Selat Taiwan bulan ini.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, 68 pesawat China dan sepuluh kapal angkatan laut terdeteksi di sekitar pulau antara Rabu (13/9/2023) pagi dan Kamis (14/9/2023) pagi.

Kemenhan menambahkan, beberapa pesawat dan kapal perang tersebut menuju ke wilayah yang tidak disebutkan di Pasifik Barat untuk melakukan pelatihan laut dan udara bersama kapal induk Shandong China.

Shandong, salah satu dari dua kapal induk yang beroperasi di armada China, pekan lalu terdeteksi sekitar 110 kilometer di tenggara Taiwan menuju Pasifik Barat, kata pihak berwenang Taipei.

Kementerian Pertahanan Jepang pekan lalu juga mengatakan, angkatan lautnya mendeteksi enam kapal–termasuk fregat, kapal perusak, satu kapal pendukung tempur cepat, dan Shandong–berlayar sekitar 650 kilometer di selatan pulau Miyakojima, sebelah timur Taiwan.

Kemenhan Jepang juga mengonfirmasi bahwa jet dan helikopter terdeteksi lepas landas serta mendarat dari Shandong.

China belum berkomentar mengenai latihan apa pun di Pasifik Barat.

Pada April 2023, China melakukan latihan militer untuk mensimulasikan pengepungan Taiwan, setelah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bertemu Ketua DPR AS Kevin McCarthy di California.***kps/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version