4 Polisi Perancis Pukuli Pria Kulit Hitam, Diduga Bermotif Rasis

Paris(MedanPunya) Sebanyak empat polisi Perancis ditahan untuk diinterogasi pada Jumat (27/11), setelah sebuah video menunjukkan mereka memukuli seorang pria kulit hitam di Paris.

Korban adalah seorang produser musik. Pemukulan ini juga memicu kecaman dari pemerintah serta para selebriti.

Keempat polisi itu kemudian diskors dan ditahan di Inspektorat Jenderal Polisi Nasional (IGPN).

Jaksa juga telah membuka penyelidikan atas kekerasan tersebut, dan menelusuri apakah ada pemalsuan kesaksian.

Tiga dari empat pelaku diperiksa atas dugaan kekerasan dengan motif rasialis, yang dilakukan secara sengaja dalam satu kelompok, kata jaksa penuntut.

Kemudian polisi keempat diperiksa karena dicurigai menggunakan kekerasan tapi tidak dituduh bermotif rasialisme.

Dalam video yang diunggah situs Loopsider, terlihat bagaimana produser musik bernama Michel Zecler berulang kali dipukul oleh polisi sambil diteriaki kata-kata rasis selama beberapa menit, saat hendak masuk studio musiknya akhir pekan lalu.

Presiden Perancis Emmanuel Macron menyebut insiden itu sebagai serangan yang tidak bisa diterima, dan meminta pemerintah mengajukan proposal untuk memerangi diskriminasi.

“Perancis tidak boleh membiarkan kebencian atau rasialisme menyebar,” kata Macron.

“Mereka memanggilku ‘negro kotor’ beberapa kali di depanku saat mereka memukuliku,” kata Zecler kepada para wartawan di luar markas polisi setempat, tempat dia mengajukan pengaduan resmi.

Dalam salah satu video di Loopsider, tetangga yang merekam kejadian itu dari atas mengatakan, seorang polisi berpakaian preman mungkin tujuh kali meninju wajah Zecler yang sedang berlutut.

“Polisi itu memukulnya begitu keras sampai tangannya terluka,” kata saksi itu.

Zecler (41) awalnya ditahan karena menyebabkan kekerasan, tetapi jaksa membatalkan penyelidikan itu dan mulai menyelidiki para polisi.***kps/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version