Adik Perempuan Kim Jong Un Sebut Korsel “Burung Beo” Amerika

Pyongyang(MedanPunya) Adik perempuan Kim Jong Un, Kim Yo Jong, mengkritik Presiden Korea Selatan Moon Jae In seperti “burung beo” Amerika Serikat, terkait responsnya terhadap uji coba rudal Korea Utara belum lama ini.

Menurut laporan media pemerintah Korut, KCNA, pada Selasa (30/3), Kim Yo Jong menyebut pernyataan Moon “tidak tahu malu”, karena mendukung Amerika Serikat yang mengutuk uji coba rudal Korea Utara.

Sindiran Kim Yo Jong itu merujuk kepada pidato Moon pada Juli 2020, yang menggambarkan uji coba rudal oleh Institut Sains Pertahanan Korea Selatan sebagai upaya untuk membangun perdamaian dan dialog diplomatik di Semenanjung Korea.

Ia tak terima program rudal balistik dan nuklir yang dilakukan oleh Akademi Ilmu Pertahanan DPRK, kemudian disebut sebagai ancaman serius bagi perdamaian dan keamanan internasional.

“Perilaku tidak masuk akal dan berwajah kurang ajar dari Korea Selatan persis sama dengan logika AS yang mirip gangster,” kata Kim Yo Jong dalam pernyataan yang dimuat oleh KCNA.

Selanjutnya, mengutip dari Yonhap, orang nomor dua Korea Utara itu berkata, “Dia (Moon) tidak dapat dimaafkan karena ‘dipuji’ sebagai burung beo yang dibesarkan Amerika.”

Korea Utara meluncurkan dua rudal balistik ke laut dekat Jepang pada pekan lalu, menggarisbawahi kemajuan yang stabil dalam program senjatanya dan meningkatkan tekanan pada Amerika Serikat.

Pada Jumat (26/3), negara komunis itu mengatakan telah meluncurkan jenis baru rudal balistik taktis jarak pendek.

Presiden AS Joe Biden lantas mengatakan tes itu melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB, tetapi dia tetap terbuka untuk diplomasi dengan Pyongyang.

Setelah uji coba peluncuran rudal itu, Moon juga mengatakan bahwa Selatan, Utara, dan Amerika Serikat harus melakukan upaya untuk melanjutkan dialog perdamaian.***kps/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version