AS dan Sekutu Keluarkan Sanksi Baru, Disebut Akan Kembalikan Rusia ke Kehidupan Era Soviet

Washington(MedanPunya) Amerika Serikat (AS) menargetkan bank-bank dan elit Rusia dengan babak baru sanksi, termasuk melarang orang Amerika berinvestasi di Rusia, sebagai tanggapan atas apa yang dikecam Presiden Joe Biden sebagai “kejahatan perang besar” oleh pasukan Rusia di Ukraina.

Sanksi baru menghantam Sberbank Rusia (SBER.MM), yang memegang sepertiga dari total aset perbankan Rusia, dan Alfabank, lembaga keuangan terbesar keempat di negara itu, kata pejabat AS.

Tetapi transaksi energi dikecualikan dari langkah-langkah terbaru, kata mereka.

Dengan memotong bank-bank terbesar Rusia, Amerika Serikat “secara dramatis meningkatkan” kejutan keuangan di Rusia, kata seorang pejabat senior pemerintah Biden kepada wartawan.

“Kenyataannya adalah negara ini sedang mengalami isolasi ekonomi dan keuangan dan teknologi,” kata pejabat itu.

“Dan pada tingkat ini, itu akan kembali ke standar hidup gaya Soviet dari tahun 1980-an.”

Direktur Dewan Ekonomi Gedung Putih Brian Deese mengatakan bahwa, menurut perkiraan, ekonomi Rusia akan mengalami kontraksi sebesar 10 persen hingga 15 persen pada tahun 2022 dan inflasi di Rusia berjalan pada 200 persen.

AS juga memberikan sanksi kepada dua putri dewasa Presiden Rusia Vladimir Putin, istri dan putri Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, dan anggota senior dewan keamanan Rusia, kata para pejabat.

“Tidak ada yang lebih buruk daripada kejahatan perang besar,” kata Biden dalam pidatonya kepada para pemimpin buruh, mengacu pada temuan di kota Bucha Ukraina, setelah direbut kembali dari pasukan Rusia, di mana mayat warga sipil yang ditembak mati ditemukan.

“Negara-negara yang bertanggung jawab harus bersatu untuk meminta pertanggungjawaban para pelaku ini,” katanya.

“Dan bersama dengan sekutu dan mitra kami, kami akan terus meningkatkan ongkos ekonomi dan meningkatkan rasa sakit bagi Putin.” Gambar-gambar suram yang muncul dari Bucha termasuk kuburan massal dan mayat orang-orang yang ditembak dari jarak dekat, beberapa di antaranya diikat.

Itu mendorong seruan untuk tindakan lebih keras terhadap Moskwa dan penyelidikan internasional.

Rusia, yang mengatakan meluncurkan “operasi militer khusus” di Ukraina pada 24 Februari, membantah menargetkan warga sipil dan mengatakan gambar kematian adalah “pemalsuan mengerikan” yang dilakukan oleh Barat.

“Sanksi pemblokiran penuh Rabu (6/4) akan membekukan aset Sberbank dan Alfabank yang menyentuh sistem keuangan AS,” kata Gedung Putih.

Inggris juga membekukan aset Sberbank, dan mengatakan akan melarang impor batu bara Rusia pada akhir tahun ini sebagai bagian dari upaya terkoordinasi sekutu untuk “mematikan mesin perang Putin.”

Sberbank dan Alfabank mengatakan sanksi baru tidak akan berdampak signifikan pada operasi mereka.

Juga di antara mereka yang terkena sanksi adalah Dmitry Medvedev, mantan presiden dan mantan perdana menteri Rusia dan salah satu sekutu terdekat Putin. Lainnya termasuk Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin dan Menteri Kehakiman Konstantin Chuychenko.

Kemudian pada Rabu (6/4), Biden menandatangani perintah eksekutif yang melarang “investasi baru di Federasi Rusia oleh orang Amerika Serikat, di mana pun berada.” Ini termasuk larangan modal ventura dan merger, kata para pejabat.

Bahkan ketika sanksi baru diluncurkan, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengkritik beberapa orang di Barat dan mengatakan dia tidak bisa mentolerir “keragu-raguan apa pun.”

“Satu-satunya kekurangan kami adalah pendekatan prinsip dari beberapa pemimpin – pemimpin politik, pemimpin bisnis – yang masih berpikir bahwa perang dan kejahatan perang bukanlah sesuatu yang mengerikan seperti kerugian finansial,” katanya kepada anggota parlemen Irlandia.

Para diplomat Uni Eropa pada Rabu (6/4) gagal menyetujui sanksi baru, karena masalah teknis perlu ditangani. Termasuk apakah larangan batu bara akan mempengaruhi kontrak yang ada.***kps/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version