Biden Khawatir Putin Tak Punya Jalan Keluar dari Perang Ukraina

Washington(MedanPunya) Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyatakan dirinya khawatir jika Presiden Rusia Vladimir Putin tidak memiliki jalan keluar dari perang Ukraina. Dituturkan Biden bahwa dirinya tengah berupaya mencari tahu apa yang bisa dilakukan AS terkait hal itu.

Pernyataan itu disampaikan Biden saat berbicara dalam acara penggalangan dana politik di pinggiran Washington, AS, Senin (9/5) waktu setempat.

Biden dalam pernyataannya menyebut Putin telah keliru dalam meyakini invasi ke Ukraina akan memecah-belah NATO dan Uni Eropa.

Sebaliknya, AS dan banyak negara Eropa lainnya justru bersatu dalam mendukung Ukraina.

Menurut Biden, Putin biasanya merupakan sosok yang sangat perhitungan.

Diakui Biden bahwa dirinya kini mengkhawatirkan jika Putin ‘tidak memiliki jalan keluar sekarang, dan saya berupaya untuk mencari tahu apa yang bisa kita lakukan soal itu’.

Pasukan militer Rusia menghadapi perlawanan kuat dari Ukraina sejak melancarkan invasi pada akhir Februari lalu. Rusia, yang menyebut aksinya sebagai ‘operasi militer khusus’, mengerahkan lebih banyak tentara ke Ukraina untuk serangan besar-besaran bulan lalu di wilayah timur negara itu, namun kemajuannya lambat.

Sebelumnya, Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Linda Thomas-Greenfield, menyebut Putin ‘telah mengakui bahwa dirinya tidak memiliki kemenangan untuk dirayakan’.

Pernyataan itu, menanggapi kurangnya pengumuman eskalasi besar dalam pidato peringatan ‘Hari Kemenangan’ yang disampaikan Putin pada Senin (9/5) waktu setempat, untuk memperingati kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

Namun Thomas-Greenfield juga memperingatkan bahwa Putin tidak memberikan indikasi bahwa dia berencana mengakhiri perang di Ukraina. Dalam pidatonya pada 9 Mei, Putin melontarkan kembali tuduhan-tuduhan tidak berdasar soal Barat tidak memberinya pilihan selain menginvasi Ukraina.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version