Charlie Hebdo Rilis Karikatur Erdogan Bugil-Kesetrum, Turki Berang

Ankara(MedanPunya) Majalah satire Prancis, Charlie Hebdo, menuai kritikan karena menerbitkan karikatur Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang kontroversial. Dalam karikatur yang menjadi sampul Charlie Hebdo, Erdogan digambarkan dalam kondisi telanjang di dalam bak mandi sembari memegang bohlam yang membuatnya tersetrum.

Charlie Hebdo dalam keterangannya menyebut karikatur Erdogan itu mengambil referensi dari penyanyi Prancis, Claude Francois alias Cloclo, yang tewas tersetrum listrik saat berada di bak mandi tahun 1978 silam.

“Seperti Cloclo, hanya takdir yang akan menyelamatkan kita darinya,” demikian bunyi keterangan dalam karikatur Erdogan tersebut.

Karikatur itu dirilis sebagai sampul Charlie Hebdo edisi Rabu (17/5) waktu setempat, atau sekitar tiga hari setelah pilpres Turki digelar pada Minggu (14/5). Erdogan dan capres oposisi Kemal Kilicdaroglu bersaing sengit namun perolehan suara keduanya tidak mencapai 50 persen sehingga pilpres berlanjut ke putaran kedua.

Dirilisnya karikatur Erdogan itu menuai kemarahan Turki, dengan kecaman menghujani Charlie Hebdo. Direktur Komunikasi untuk kepresidenan Turki, Fahrettin Altun, menyebut karikatur itu ‘menjijikkan’.

“Salah satu pusat provokasi, penghinaan dan penistaan agama terbesar di dunia, publikasi buruk Charlie Hebdo, sekali lagi membuktikan betapa menjijikkannya mereka dengan karikatur terbaru soal presiden kita yang tidak manusiawi,” sebut Altun dalam pernyataan via Twitter.

“Apapun yang Anda lakukan, Anda tidak bisa mengintimidasi Recep Tayyip Erdogan. Anda tidak bisa memalingkan kami dari jalan kami,” tegasnya.

“Publikasi seperti Charlie Hebdo, yang memiliki motivasi satu-satunya untuk menyebarkan kebencian terhadap Islam, terus menargetkan Presiden Erdogan kita secara terang-terangan karena dia merupakan salah satu pemimpin Muslim paling penting di zaman modern,” ujar Altun dalam pernyataannya.

“Kami tidak akan jatuh ke dalam perangkap mereka, tetapi kami akan terus mengecam xenofobia mereka yang menjijikkan yang coba mereka jual sebagai kebebasan berekspresi,” cetusnya.

Kecaman juga datang dari juru bicara kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin, yang menyebut Charlie Hebdo ‘mengamuk’ dan ‘jahat’. Kalin menegaskan bahwa putaran kedua pilpres Turki yang akan digelar 28 Mei mendatang akan membuktikan betapa populernya Erdogan.

“Jika Charlie Hebdo mengamuk dan menjadi sangat gila …. kita berada dalam jalur yang benar. Kejahatan terkadang seperti ini. Itu membimbing yang baik. Jangan khawatir CH (Charlie Hebdo-red). Negara kami akan memberikan jawaban terbaik kepada Anda, bahkan dengan suara lebih lantang, pada 28 Mei,” tegasnya.

Secara terpisah, Menteri Luar Negeri (Menlu) Mevlut Cavusoglu menyebut karikatur Erdogan itu sebagai ‘penghinaan’ untuk rakyat Turki. “Charlie Hebdo yang tidak tahu malu belum memiliki satu ons pun kemanusiaan dan terus menghina rakyat Turki,” kecam Cavusoglu.

“Jangan sampai kita lupa! Mereka yang memuji kejahatan selalu tenggelam dalam kebencian dan kenakalan mereka sendiri. Pelajaran sebenarnya adalah mereka yang tidak bisa mengalahkan kehendak bebas bangsa Turki dengan berbagai permainan, sangat bergantung pada takdir,” tegasnya.

Charlie Hebdo sudah bertahun-tahun memicu kontroversi, dengan pada Februari lalu merilis karikatur yang menghina gempa bumi di Turki dan Suriah. Karikatur itu menampilkan gambar bangunan yang rusak, mobil tertimpa reruntuhan dan tumpukan puing dengan tulisan berbunyi: “Tidak perlu mengirim tank.”

Konten majalah satire itu yang diarahkan secara khusus pada dunia Muslim itu telah memicu kemarahan, terutama karikatur yang menggambarkan Nabi Muhammad SAW yang memicu kemarahan umat Muslim sedunia.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version