Gempa Besar Terjang Taiwan, Jalan Raya Rusak-Penerbangan Ditunda

Taipe(MedanPunya) Gempa besar melanda pantai timur Taiwan pada hari Rabu. Gempa terjadi pada pukul 07:58 waktu setempat dengan pusat 18 kilometer (11 mil) selatan kota Hualien dan kedalaman 34,8 kilometer (21 mil).

Gempa terkuat yang terjadi sepanjang 25 tahun terakhir itu menyebabkan bangunan roboh dan rusaknya jalan raya. Setidaknya ada 26 bangunan roboh, 15 di antaranya berada di Kabupaten Hualien.

Dari video-video yang beredar di media sosial banyak kendaraan terpental di jalan raya yang berguncang keras, jembatan layang bergoyang di Taipei, dan para penumpang berusaha untuk berdiri di dalam kereta metro Taipei yang bergoyang.

Sementara itu, video yang disiarkan oleh afiliasi CNN, TVBS, menunjukkan rekaman ponsel dan kamera CCTV saat gempa mengguncang rumah-rumah dan tempat usaha di seluruh pulau. Batu-batu besar juga terlihat berserakan di Jalan Raya Suhua, di sepanjang pantai timur Taiwan.

Beberapa terowongan juga rusak, termasuk satu terowongan yang terbelah dua. Adapun video lain menunjukkan bagian depan sebuah mobil tertimpa batu yang berjatuhan.

Biro Jalan Raya Cabang Teknik Pemeliharaan Distrik Timur Taiwan mencatat setidaknya sembilan batu runtuh dan terjadi tanah longsor di Jalan Suhua Jalan Raya Provinsi 9.

Jalan raya lain yang menghubungkan pantai barat dengan timur Taiwan juga rusak akibat batu-batu yang berjatuhan. Pada saat yang sama, ada 12 mobil tertabrak dan sembilan orang terluka.

Selain itu, semua penerbangan dari prefektur Okinawa dan Kagoshima ditunda menyusul peringatan tsunami di daerah tersebut. Juru bicara bandara Hideaki Tsurudo mengatakan penerbangan ke dan dari bandara Naha di Okinawa dilanjutkan setelah peringatan tsunami diturunkan.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version