Giliran Kilang Minyak Rusia Diserang Drone hingga Terbakar

Moskow(MedanPunya) Sebuah serangan drone dilaporkan mengguncang sebuah kilang minyak yang ada di wilayah Rusia bagian selatan, hingga memicu kebakaran. Serangan terhadap kilang minyak itu terjadi setelah Moskow menembak jatuh dua drone yang disebut menargetkan Kremlin.

Laporan kantor berita TASS yang mengutip pejabat dinas urusan darurat Rusia itu menyebut kebakaran melalap bagian reservoir kilang minyak di area Ilsky yang ada di wilayah Krasnodar, Rusia bagian selatan.

Disebutkan bahwa kebakaran terjadi setelah serangan oleh ‘drone tidak teridentifikasi’ terjadi di area kilang minyak itu.

Gubernur Krasnodar Veniamin Kondratyev mengatakan kobaran api berhasil dilokalisir ke area seluas 400 meter persegi dan dengan cepat dipadamkan oleh dinas urusan darurat. Laporan Reuters menyebut kebakaran di kompleks kilang minyak itu berhasil dipadamkan dalam waktu dua jam setelah dilaporkan.

Tidak ada laporan korban jiwa akibat kebakaran itu.

Belum diketahui secara jelas siapa yang bertanggung jawab atas serangan drone yang memicu kebakaran itu.

Kebakaran di wilayah Krasnodar itu terjadi setelah Rusia mengatakan menembak jatuh dua drone yang menargetkan kediaman resmi Presiden Vladimir Putin di kompleks Kremlin, Moskow, pada Rabu (3/5) malam dan menuding Ukraina sebagai dalang atas ‘aksi teroris’ itu.

Rusia juga menyebut serangan drone itu sebagai ‘percobaan pembunuhan’ terhadap Putin.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah membantah tudingan Rusia, dengan menyatakan negaranya tidak memiliki cukup persenjataan untuk melancarkan serangan semacam itu. Zelensky menegaskan Ukraina tidak menyerang Putin dan tidak menyerang Moskow, yang jaraknya sangat jauh dari perbatasan Ukraina.

Sementara juru bicara kepresidenan Ukraina, Mikaylo Podolyak, menyebut serangan drone terhadap Kremlin itu bisa saja dilakukan oleh Rusia sendiri.

Serangan drone di kilang minyak di Krasnodar itu terjadi setelah sebuah depot bahan bakar (BBM) di desa Rusia, yang terletak dekat jembatan Crimea, dilanda kebakaran hebat. Kebakaran lainnya yang juga dipicu serangan drone terjadi di sebuah depot BBM di kota pelabuhan Sevastopol, Crimea, pada akhir pekan.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version