India Mau Bikin 14 Februari ‘Hari Peluk Sapi’, Klaim Bermanfaat bagi Mental

New Delhi(MedanPunya) Pemerintah India telah mendesak orang-orang untuk mengesampingkan tradisi Hari Valentine ala barat dan menggantinya dengan perayaan ‘Hari Peluk Sapi’ pada 14 Februari.

Dalam seruan baru, 14 Februari telah dinyatakan sebagai Hari Peluk Sapi, momen di mana warganya diajak memeluk hewan yang dianggap suci tersebut. Perayaan ini juga dianggap bermanfaat bagi kesehatan mental warga India.

“Memeluk sapi akan membawa kekayaan emosional dan akan meningkatkan kebahagiaan individu dan kolektif kita,” tulis pemerintah India.

Hari Peluk Sapi pada 14 Februari adalah inisiatif terbaru oleh pemerintah partai nasionalis Hindu Bharatiya Janata (BJP), yang dipimpin oleh perdana menteri Narendra Modi, untuk menjadikan penghormatan terhadap sapi sebagai kebijakan nasional.

Sebagian besar negara bagian di India melarang penyembelihan sapi, dan menjual serta memakan daging sapi dilarang di banyak tempat di seluruh negeri, termasuk ibu kotanya, Delhi.

Ini bukan pertama kalinya pemerintah India membuat kegemparan dengan kebijakan terhadap sapi. Menyusul naiknya Perdana Menteri Narendra Modi ke tampuk kekuasaan pada 2014 di tengah gelombang nasionalisme Hindu, sapi juga semakin dipolitisasi.

Ujian nasional yang diusulkan pada subjek “ilmu sapi”, yang dirancang oleh Komisi Sapi Nasional sebagai bagian dari kurikulum revisi BJP, ditunda pada tahun 2021 setelah dituduh mempromosikan pseudosains agama tentang sapi India.

Di antara materi buku pelajaran terdapat klaim yang dipertanyakan bahwa sapi India memiliki lebih banyak emosi daripada jenis lainnya dan bahwa punuk mereka mengandung kekuatan magis serta kotoran mereka dapat mencegah radiasi.***dtc/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version