India Pulangkan Tentara China yang Ditangkap di Perbatasan Sengketa

Beijing(MedanPunya) Otoritas India telah memulangkan seorang tentara China yang ditahan setelah tersesat melintasi perbatasan yang disengketakan, tempat kedua negara bentrok dalam beberapa bulan terakhir.

Militer China mengumumkan dalam sebuah pernyataan, Rabu (21/10), Kopral Wang Ya Long diserahkan pada Rabu pagi waktu setempat.

Sebelumnya pada hari Senin (19/10) waktu setempat, otoritas India mengatakan telah menahan Wang setelah dia menyeberang ke wilayah yang dikuasai India di daerah pegunungan di wilayah Ladakh, Himalaya bagian barat, yang merupakan perbatasan sengketa kedua negara. Tentara China itu dilaporkan tersesat di perbatasan.

Militer India dalam pernyataannya menyebut satu tentara China dari Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) itu ditangkap di area Demchok, Ladakh bagian timur.

Diketahui bahwa India dan China yang bertetangga telah terlibat dalam konfrontasi perbatasan selama berbulan-bulan di wilayah Ladakh, dengan bentrokan sengit antara militer kedua negara pada Juni lalu memicu korban dari kedua pihak.

Baik India maupun China telah menggelar serangkaian pembicaraan militer dan diplomatik, namun hanya mengalami sedikit kemajuan.***dtc/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version