ISIS Klaim Serangan Bom Jeddah, Mengaku untuk Protes ke Perancis

Jeddah(MedanPunya) ISIS mengklaim sebagai pelaku pengeboman di Jeddah, Arab Saudi, pada Kamis (12/11). Ledakan tersebut terjadi saat peringatan Perang Dunia I di permakaman non-Muslim Arab Saudi.

Dalam pernyataan di saluran Telegramnya, ISIS mengatakan mereka memasang alat peledak di permakaman di kota Jeddah kemarin (Rabu) tempat di mana para diplomat Eropa berkumpul.

Dikatakan juga bahwa serangan yang melukai sedikitnya 2-4 orang itu ditujukan sebagai bentuk protes ke Perancis atas kartun Nabi Muhammad.

Pengeboman itu terjadi kurang dari sebulan setelah penjaga konsulat Perancis di Jeddah ditusuk oleh seorang warga Arab Saudi dengan pisau, di tengah gelombang protes atas kartun satir tersebut.

Para diplomat dari Perancis, Yunani, Italia, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) menghadiri upacara Hari Gencatan Senjata di Jeddah kota pelabuhan Laut Merah, kata kedutaan mereka dalam pernyataan bersama.

Diberitakan, mereka mengecam serangan itu adalah tindakan pengecut.

Seorang polisi Yunani yang tinggal di Arab Saudi terluka, kata sumber diplomatik “Negeri Dewa” tersebut, dan seorang warga Inggris juga diyakini mengalami luka-luka dalam pengeboman itu.

Kemudian seorang polisi Saudi menderita luka ringan, menurut laporan tv negara Al Ekhbariya mengutip perkataan Gubernur Mekkah tempat Jeddah berlokasi.

Presiden Perancis Emmanuel Macron terus membela hak untuk menerbitkan kartun Nabi Muhammad yang kontroversial.***kps/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version