Jerman Izinkan Polandia Kirim Jet Tempur Mig-29 Tua ke Jerman

Berlin(MedanPunya) Pemerintah Jerman menyetujui permintaan Polandia untuk mengirim lima jet tempur MiG-29 era Uni Soviet ke Ukraina.

“Saya menyambut baik fakta bahwa kami di pemerintah federal telah mencapai keputusan ini bersama-sama,” kata Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius dalam sebuah pernyataan pada Kamis (13/4).

Jerman mewarisi 24 jet MiG-29 dari bekas Jerman Timur selama reunifikasi pada 1990. Pada saat itu, pesawat tersebut dipandang sebagai salah satu jet tempur paling canggih di dunia.

Pada 2004, Berlin menyerahkan 22 pesawat ke Polandia. Dari dua jet yang tersisa, satu hancur dalam kecelakaan dan satu dipamerkan di museum.

Polandia membutuhkan persetujuan Jerman untuk mengirim jet-jet MiG-29 yang tersisa di negaranya ke negara lain.

Pistorius mengatakan, permintaan dari Polandia muncul pada Kamis.

Dia menambahkan bahwa persetujuan dari Jerman pada hari yang sama menunjukkan bahwa Polandia dapat mengandalkan Berlin.

Ketika Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunjungi Warsawa sepekan yang lalu, Presiden Polandia Andrzej Duda menyampaikan janji.

Duda mengatakan bahwa Polandia telah menyediakan empat jet MiG-29 ke Ukraina, dengan empat lagi dalam proses penyerahan dan enam lainnya sedang disiapkan.

Slovakia juga telah mengirimkan MiG-29 ke Ukraina.

Ukraina, yang berharap untuk melancarkan serangan balasan dalam beberapa pekan atau bulan mendatang, ingin mengamankan jet tempur untuk bertahan dari serangan udara Rusia.

Negara-negara Barat sejauh ini enggan memberi Ukraina jet tempur canggih, seperti F-16 buatan AS.

Akan tetapi, beberapa negara telah turun tangan untuk mengirim jet MiG-29 tua yang sudah digunakan Ukraina.***kps/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version