Miliarder Rusia Ditemukan Tewas, Penyebab Kematiannya Misterius

Moskow(MedanPunya) Seorang pengusaha Rusia yang memiliki keterkaitan erat dengan Dinas Keamanan Federal (FSB) ditemukan tewas di kantornya di Moskow dalam keadaan yang tidak bisa dijelaskan. Kematian sang pengusaha ini menjadi yang terbaru dalam rentetan kematian misterius para tokoh elite di Rusia beberapa waktu terakhir.

Anton Cherepennikov (40) merupakan pemimpin perusahaan IT terbesar di Rusia, ICS Holding. Laporan media-media lokal menyebut Cherepennikov ditemukan sudah tak bernyawa di dalam kantornya yang ada di Moskow beberapa waktu lalu.

Menurut media-media lokal Rusia, penyebab awal kematian Cherepennikov disimpulkan sebagai serangan jantung. Namun, salah satu sahabatnya, Vasily Polonsky, mengatakan dirinya tidak percaya begitu saja dengan penyebab resmi kematian Cherepennikov itu.

“Penyebab pasti dari kematian pengusaha ini akan ditetapkan kemudian,” kata kantor berita independen berbahasa Rusia, Baza, dalam laporannya.

ICS Holding yang dipimpin Cherepennikov, menurut laporan surat kabar Rusia Novaya Gazeta, digunakan oleh FSB untuk mengawasi aktivitas online dari warga Rusia. Laporan The Sun menyebut sosok Cherepennikov sebagai pemilik dari sebagian besar sistem penyadapan telepon dan penyimpan aktivitas internet di Rusia.

Disebutkan juga bahwa perusahaan Cherepennikov itu menerima keuntungan dari undang-undang (UU) yang diberlakukan sejak tahun 2018, yang memperketat pengawasan oleh FSB terhadap warga Rusia.

UU itu memungkinkan para operator telekomunikasi untuk menyimpan rekaman audio dari semua panggilan dan pesan teks selama masa enam bulan, dan lalu lintas internet selama satu bulan. ICS Holding dijatuhi sanksi-sanksi internasional sejak Rusia menginvasi Ukraina setahun lalu.

Sosok Cherepennikov juga dikenal sebagai mitra lama dari seorang oligarki Rusia bernama Alisher Usmanov, yang dijatuhi sanksi internasional atas hubungannya dengan Presiden Vladimir Putin.

Laporan Novaya Gazeta menyebut Cherepennikov juga pernah menjadi salah satu anggota dewan USM Holdings, serta dewan operator ponsel Megafon dan USM Telecom, yang semuanya dikendalikan oleh Usmanov.

Cherepennikov menjadi tokoh elite kedua terkait rezim Putin yang meninggal dalam 48 jam terakhir di Rusia. Sebelumnya, seorang miliarder bernama Igor Kudryakov yang merupakan mantan pejabat pemerintah dan pengusaha kaya ditemukan tewas di dalam apartemennya di Moskow.

Laporan media lokal menyebut Kydryakov telah didiagnosis menderita kanker.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version