Pesawat Militer Prancis Dekati Perbatasan, Rusia Kerahkan Jet Tempur

Moskow(MedanPunya) Rusia mengerahkan jet-jet tempur Su-27 untuk mencegat tiga pesawat militer Prancis pada Rabu (17/2) waktu setempat. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pesawat-pesawat militer Prancis itu dicegat lantaran mendekati perbatasan Rusia di atas Laut Hitam.

Dalam pernyataannya, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan telah mengerahkan dua jet tempur Su-27 untuk mencegat dua jet tempur Prancis, Mirage-2000 dan sebuah pesawat pengisian bahan bakar KC-135, setelah ketiganya terdeteksi berada “di atas perairan netral Laut Hitam” saat mendekati perbatasan Rusia.

Jet-jet tempur Rusia tersebut melakukan pengawalan ketat terhadap pesawat-pesawat militer Prancis di Laut Hitam “sesuai dengan aturan internasional untuk wilayah udara”.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, pesawat-pesawat militer Prancis kemudian menjauh dari perbatasan dan jet-jet tempur Rusia pun kembali ke pangkalan.

“Pelanggaran perbatasan di negara bagian Federasi Rusia tidak diizinkan,” tegas kementerian.

Ketegangan antara Rusia dan negara-negara Barat telah mencapai titik tertinggi sejak Perang Dingin, terlebih pada 2014 saat Moskow mencaplok semenanjung Krimea di Ukraina.

Rusia dan negara-negara Barat secara rutin saling mencegat jet tempur di dekat perbatasan mereka.

Moskow terakhir kali mencegat jet tempur Prancis di atas Laut Hitam pada Oktober tahun 2020 lalu.

Sebelumnya pada Mei 2019, pasukan AS mencegat enam pesawat militer Rusia di wilayah udara internasional di barat Alaska, AS.***dtc/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version